Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Modern Punya Fitur AC Auto, Ini Fungsinya

Kompas.com - 01/10/2023, 13:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi terus berkembang termasuk juga alat pendingin mobil alias AC mobil. Di mobil modern, ada fitur auto yang membuat AC dapat menyesuaikan suhu kabin secara otomatis.

M Gunawan, Kepala bengkel spesialis AC mobil Premium 99, mengatakan, fitur auto ini memudahkan pengemudi menyesuaikan suhu kabin tanpa perlu mengubah secara manual.

Baca juga: Diggia Raih Poin Penting di Sprint Race MotoGP Jepang 2023

Ilustrasi AC mobildjedzura Ilustrasi AC mobil

"AC generasi terbaru untuk mobil-mobil sekarang itu ada Auto. Auto itu yang diubah ialah kecepatan blower-nya yang dimainkan, suhu tidak diubah, tapi panasnya yang cepat dia ambil," kata Gunawan kepada Kompas.com, Jumat (29/9/2023).

"Misal panas kemudian secara otomatis dia titiknya naik keempat, begitu dia dapat suhunya informasinya suhu ruangan sudah dapat dia akan turun ketiga dan kedua atau kesatu. Jika suhu ruangan dideteksi lagi oleh sensor dia mulai panas, maka akan berubah lagi jadi dua bar," ungkapnya.

Baca juga: Berburu VW Kodok Bekas, Harga mulai Rp 37 Jutaan

Gunawan mengatakan, tapi yang saat ini terjadi jarang orang yang tahun fungsi auto pada AC mobil.

Ilustrasi AC mobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC mobil

"Tapi orang kita jarang memakai karena tdiak tahu, dan mungkin tidak nyaman karena tiba-tiba blower kok jadi kencang sendiri. Jadi kalau blower-nya tidak turun-turun berarti suhunya belum dapat," katanya.

"Nah nanti kok blower-nya diposisi ke empat terus tidak turun-turun sudah pakai lima sampai setangah jam, berarti mungkin dingin yang diminta tidak dapat baru dicek apa kotor filter, evaporator atau freonnya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com