Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang MotoGP Mandalika 2023, Akses Menuju Sirkuit Mulai Dipersiapkan

Kompas.com - 29/09/2023, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam waktu kurang dari sebulan, Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit. Segala persiapan mulai dilakukan, termasuk mempersiapkan akses dan merencanakan lalu lintasnya.

Terkait akses penonton dari luar Lombok, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), BUMN jasa penyeberangan dan pelabuhan terintegrasi, serta PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., BUMN transportasi udara, siap untuk memudahkan akses penonton yang akan datang ke Lombok dengan menggunakan jalur laut dan udara.

Baca juga: Alex Marquez Fokus ke Pemulihan, Berharap Tampil di MotoGP Mandalika

Tersedia tambahan jadwal pelayaran dari Bali ke Lombok, serta penerbangan dari Jakarta ke Lombok. Sehingga, mampu menampung penonton MotoGP Mandalika 2023 alias Indonesian GP 2023, jelang berlangsungnya balapan hingga setelah balapan usai.

Shuttle bus di kawasan Pertamina Mandalika International CircuitDok. Dyandra&Co. Shuttle bus di kawasan Pertamina Mandalika International Circuit

Selain menambah jadwal pelayaran, ASDP juga akan meningkatkan fasilitas dan infrastruktur pada Pelabuhan Lembar, seperti ruang tunggu penumpang dan fasilitas MCK berupa toilet portable yang akan disediakan dua minggu menjelang MotoGP. Calon penumpang juga sudah bisa melakukan reservasi online sejak 60 hari sebelum keberangkatan melalui domain trip.ferizy.com.

Terkait hal itu, penonton dari Pulau Jawa dapat menggunakan akses Pelabuhan Ketapang dengan jarak tempuh 125 mil. Terdapat 6 kapal yang beroperasi selama 24 jam dengan jam pemberangkatan kapal setiap 6 jam.

Baca juga: Nonton MotoGP Mandalika di Tribun Marc Marquez, Ada Banyak Hadiah

Sementara, penonton dari Pulau Bali dapat menyeberang melalui Pelabuhan Padangbai. ASDP menyediakan 24 kapal dengan jadwal keberangkatan mulai pukul 01.30–13.30 WITA per 2 jam 30 menit, dan pukul 13.30–01.30 WITA per 1 jam 30 menit.

Bus antarmoda dan shuttle yang disediakan Kemenhub saat gelaran MotoGP Mandalika 2022KEMENHUB Bus antarmoda dan shuttle yang disediakan Kemenhub saat gelaran MotoGP Mandalika 2022

Kemudian, Garuda Indonesia akan menyediakan tambahan jadwal penerbangan (extra flight schedule) dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) ke Bandara Internasional Lombok (LOP) dan arah sebaliknya pada 12-14 Oktober 2023 dan 16-17 Oktober 2023.

Garuda Indonesia akan menyediakan total 21 jadwal penerbangan dan 6 penerbangan dengan kapasitas pesawat lebih besar selama periode tersebut.

Bus antarmoda dan shuttle yang disediakan Kemenhub saat gelaran MotoGP Mandalika 2022KEMENHUB Bus antarmoda dan shuttle yang disediakan Kemenhub saat gelaran MotoGP Mandalika 2022

Wakil Direktur Utama MGPA Samsul Purba, mengatakan, apa yang dilakukan ASDP dan Garuda Indonesia tersebut menunjukkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk BUMN, untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan penonton dari luar Lombok yang ingin datang ke Mandalika untuk menyaksikan balapan.

"Kami ingin memastikan penonton yang bertolak melalui jalur laut dari Bali tak khawatir dengan jadwal keberangkatan kapal, begitu pula bagi mereka yang akan terbang langsung dari Jakarta. Dukungan ini kami harapkan turut menopang kesuksesan Indonesian GP 2023, sehingga dapat berdampak positif terhadap nama Indonesia di mata dunia,” kata Samsul, dalam keterangan resminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com