Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP Mandalika 2023 Bakal Lebih Baik dari Tahun Lalu

Kompas.com - 22/09/2023, 13:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seri ke-16 MotoGP 2023 siap digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Oktober mendatang. Ini merupakan kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah dalam ajang balap motor dunia tersebut.

Pada tahun 2022 lalu, pergelaran MotoGP Mandalika cukup berjalan baik, tetapi ketika laga selesai terjadi kemacetan panjang. Dilaporkan ada ribuan penumpang yang terlantar dan harus menunggu hingga berjam-jam sampai akhirnya dibawa oleh truk polisi.

Belajar dari kejadian tersebut, pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengaku telah menyiapkan berbagai rencana agar MotoGP 2023 berjalan lancar tanpa kendala seperti tahun lalu.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Powerace Triex, Bisa Angkut Beban 500 Kg

“Memang pengalaman 2022 itu kita jadikan benchmarking dan perbaikan saat ini. Untuk itu kita sekarang makin teliti soal shuttle bus dan tata letak manajemen perparkiran. Tapi tahun ini sudah rapih, jalan terkoneksi dengan baik,” ucap Samsul, Rabu (20/9/2023), di Menara Kompas.

Potret kemacetan di area Mandalika setelah perhelatan MotoGP Indonesia rampung pada Minggu (20/3/2022).KOMPAS.com/RESKA K. NISTANTO Potret kemacetan di area Mandalika setelah perhelatan MotoGP Indonesia rampung pada Minggu (20/3/2022).

Samsul menambahkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian setempat untuk menerapkan contraflow di jalan bypass Mandalika.

“Kalau yang lalu kan tidak diizinkan, kalau sekarang mereka invest beli traffic course 17,5 Km, untuk menyediakan contraflow bagi para tamu VIP dan penonton VIP dan VIP Deluxe. Bus juga akan diberlakukan contra flow nantinya,” kata Samsul.

Baca juga: Deretan Pebalap yang Menang di Sirkuit Baru, Siapa Berikutnya?

Ia pun berharap kejadian pada MotoGP Mandalika 2022 tidak terjadi lagi di musim depan, mengingat kesiapan infrastruktur di Mandalika saat sudah jauh lebih baik.

Sebagai informasi, gelaran MotoGP Mandalika bakal dihelat usai GP Jepang, tepatnya pada 13-15 Oktober 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com