Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Suhu Panas, Jangan Sampai Keliru Saat Mencuci Mobil

Kompas.com - 29/09/2023, 10:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyikapi suhu panas yang melanda wilayah Jabodetabek beberapa hari terakhir, pengguna mobil harus lebih memperhatikan kesehatan komponen air conditioner (AC). Berkaitan dengan hal ini, ternyata ada satu kebiasaan yang sebaiknya dihindari.

Kebiasaan ini adalah soal cara mencuci mobil menggunakan pressure washer alias pompa bertekanan. Metode ini sejatinya aman-aman saja, namun ada risiko yang harus diwaspadai.

Pengguna tidak dianjurkan untuk langsung menyemprot kondensor ac, yang posisinya berada tepat di belakang grill mobil.

Baca juga: Meluncur Besok, Simak Bocoran Chery Omoda 5 GT

Kondensor bocorErwin Setiawan Kondensor bocor

Nizar Muzaki, Teknisi Bengkel Spesialis AC Dokter Mobil menjelaskan, jika pengguna terlalu rapat mengatur ukuran nozzle pressure washer, tekanan air yang keluar bisa sangat besar dan membuat kondensor rusak, bahkan penyok.

“Ini sering kejadian, pelanggan masih belum tahu. Waktu cuci mobil dirumah, tekanan selang dibikin besar dan disemprot langsung ke arah grill mobil. Posisinya kan langsung kena kondensor, jadinya bisa bengkok,” kata dia kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kondensor AC sendiri berbentuk kisi berlapis dan terbuat dari material pelat berongga tipis. Komponen ini memang sangat lemah terhadap tekanan.

Baca juga: Video Pengendara Motor Kabur Hindari Razia, Malah Masuk Gang Buntu

Menggunakan air bertekanan (jet washer) untuk mencuci mobilSIS Menggunakan air bertekanan (jet washer) untuk mencuci mobil

“Dicolok pakai kuku saja (kondensor AC) bisa penyok, apalagi disemprot sama air tekanan tinggi,” kata Zaki.

Jika permukaanya sudah banyak bengkok dan penyok, kondensor akan kesulitan menangkap udara dan sirkulasi pendinginan menjadi tidak lancar.

Supaya suhu AC bisa kembali optimal, satu-satunya langkah yang bisa dilakukan adalah dengan cara servis dan membetulkan kembali komponen kondensor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com