Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsekuensi Downgrade Jenis Busi dari Iridium ke Nikel

Kompas.com - 13/09/2023, 12:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan mobil baru saat ini sudah menggunakan jenis busi iridium, bahkan ada yang langsung menerapkan laser iridium. Selain untuk memberikan performa yang lebih baik, hal ini dilakukan untuk menyesuaikan standar emisi EURO 4.

Seperti diketahui, jenis busi iridium atau laser iridium memang memiliki kualitas yang cukup baik, yakni membuat pembakaran lebih sempurna sehingga mampu mengoptimalisasi efisiensi bahan bakar.

Tak hanya itu, iridium juga terkenal dengan daya tahannya. Dengan demikian, usia pakai atau pergantiannya jauh lebih awet dibanding busi konvensional atau berbahan nikel.

Namun demikian, tak jarang pemilik mobil baru yang sudah menggunakan busi iridium atau laser iridium justru mengganti dengan yang konvensional alias nikel.

Baca juga: Ganti Busi Biasa ke Iridium, Apakah Mobil Wajib Tune Up?

Salah satu alasan yang paling sering diutaeakan adalah faktor harga. Karena dianggap nikel lebih murah dari iridium atau laser iridium.

Pembersihan busiKompas.com/Erwin Setiawan Pembersihan busi

Lantas apakah hal ini sebenarnya sah-sah saja untuk diterapkan, atau justru ada konsekuensinya?

Menjawab hal ini, Diko Oktaviano, Technical Support PT Niterra Mobility Indonesia distributor resmi busi NGK mengatakan, mengganti busi dari iridium ke nikel akan memberikan dampak yang signifikan pada mesin kendaraan.

"Bisa saja, tapi sangat tidak disarankan. Secara performa pasti akan mengalami penurunan. Belum lagi ditambah dengan sisi konsumsi penggunaan bahan bakar yang pastinya berbeda," ujar Diko kepada Kompas.com belum lama ini.

Diko mengatakan, ada perbedaan efisiensi pembakaran yang cukup signifikan antara menggunakan busi berbahan nikel dengan jenis busi logam mulia seperti iridium dan laser iridium.

Baca juga: Ban Tubeless Jangan Ditambal Cacing, Ini Cara Benarnya

Seperti dijelaskan sebelumnya, busi iridium dan laser iridium memiliki kemampuan pembakaran yang lebih baik dari nikel. Dengan demikian, otomatis akan mempengaruhi keiritan bahan bakar kendaraan.

Busi laser iridium NGKKOMPAS.com/STANLY RAVEL Busi laser iridium NGK

"Karena setingan mesin didasarkan pada EURO jadi pakai iridium. Ketika pakai yang nikel jadi belum EURO. Karena iridium menghasilkan pembakaran lebih baik, otomatis efisiensi bahan bakar juga mengikuti, demikian juga dari sisi performa tenaga mesin," ucap Diko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com