Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Panas Mereduksi Jarak Tempuh Kendaraan Listik

Kompas.com - 22/09/2023, 09:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penelitian menunjukkan panas yang berlebihan bisa mengurangi jangkauan dari mobil listrik berbasis baterai.

Dikutip dari Carscoops, Jumat (22/9/2023), studi baru dari Amerika Serikat, Recurrent, mengungkapkan bagaimana cuaca panas dapat mempengaruhi masa pakai baterai kendaraan listrik.

Penelitian ini mengamati lebih dari 12.500 unit Tesla di Amerika Serikat. Recurrent menyatakan, hasil penelitian berlaku untuk semua model dan tahun pembuatan Tesla, tetapi hasilnya paling jelas terlihat pada Model Y lansiran 2020.

Baca juga: Quartararo Pesimis Bisa Dominasi MotoGP India 2023

Dalam studinya, Recurrent menguji seberapa jauh jangkauan Tesla Model Y 2020 di zona iklim dingin dibandingkan dengan zona iklim panas.

Kendaraan diberi skor jangkauan untuk setiap zona, yang mewakili persentase dari kisaran asli yang seharusnya dapat dicapai. Misalnya, range score 90 berarti kendaraan ini diharapkan dapat mencapai 90 persen dari jangkauan aslinya.

Baterai mobil listrik Toyota bZ4XDok. Toyota Baterai mobil listrik Toyota bZ4X

Penelitian Recurrent mengungkapkan bahwa Tesla Model Y 2020 di zona iklim dingin memiliki range score rata-rata 95. Sebagai perbandingan, mereka yang berada di lingkungan yang panas memiliki rata-rata range score 92.

Studi tersebut mengatakan bahwa paparan panas yang berlebih menambah energi ekstra pada reaksi elektrokimia dalam baterai, sehingga mempercepat degradasi. Adapun ambang batas yang diterima secara umum untuk degradasi baterai yang dipercepat adalah sekitar 30 derajat C atau sekitar 86 derajat F.

Baca juga: Kendaraan Listrik Bisa Tingkatkan PDB Indonesia

Kendati demikian, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pemilik mobil listrik di iklim panas untuk memperpanjang masa pakai baterai mereka. Misalnya, parkir di garasi atau di tempat teduh.

Namuni jika pemilik kendaraan harus parkir di luar dalam cuaca panas, disarankan untuk melakukannya ketika baterai mobil terisi setengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com