Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moge Terbakar di BSD, Diduga karena Selang Bensin

Kompas.com - 21/09/2023, 18:45 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus sepeda motor besar atau motor gede (moge) yang terbakar kembali terjadi. Kali ini di Jalan Bukit Golf BSD, Tangerang, Kamis (21/9/2023).

Kejadian tersebut diunggah dalam bentuk video oleh Jabodetabek.terkini di Instagram. Belum ada kejelasan apa yang jadi penyebab moge tersebut terbakar.

Kalau diperhatikan, moge tersebut dari merek Kawasaki, model ZX-14R, hyperbike dengan mesin 1.441 cc empat silinder segaris.

Baca juga: Lintasan Berubah, Ujian Praktik SIM C1 untuk Moge Jadi Lebih Mudah

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jabodetabek Terkini (@jabodetabek.terkini)

 

Danny, Pemilik Bengkel Danne Motor di Bogor menjelaskan, penyebab terjadinya kebakaran pada moge biasanya karena selang bensin yang getas.

"Biasa dari selang bensin yang getas. Lalu menetes (bensin) dan kena mesin moge yang biasanya panas," kata Danny kepada Kompas.com, Kamis (21/9/2023).

Lalu, Danny menjelaskan untuk beberapa motor malah klip selang bensinnya yang kerap rusak karena usia. Misal di motor Ducati, ada klip di bagian atas yang rusak, sehingga berisiko lepas.

Baca juga: Ulas Fitur Mobil Listrik Neta V


"Biasa Ducati udah pada lemah (klip). Lepas, panas mesin dan knalpot (jadi api)," kata Danny.

Soal selang yang getas, sebenarnya mengikuti usia pakai saja. Kalau memang sudah waktunya ganti, lebih baik dilakukan, jangan ditunda-tunda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com