Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan 2 Hal Ini Saat Naik Motor Sambil Bawa Tas Selempang

Kompas.com - 22/09/2023, 06:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Membawa tas bahu atau selempang merupakan pilihan yang praktis ketika mengendarai sepeda motor. Sebab kemudahan akses, kenyamanan dan fleksibilitas dapat dirasakan.

Meski begitu perilaku pengendara motor yang membawa tas selempang, kerap kali menjadi sumber bencana bila tidak digunakan dengan benar.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, terdapat dua hal yang perlu diperhatikan ketika berkendara dengan membawa tas bahu.

Baca juga: Kendaraan Listrik Bisa Tingkatkan PDB Indonesia

Karena praktis tak sedikit yang menyepelekan cara mengendarai skutikFoto: Wahana/Istimewa Karena praktis tak sedikit yang menyepelekan cara mengendarai skutik

1. Keseimbangan Motor

Menjaga keseimbangan pada sepeda motor adalah aspek kunci dalam menjaga kestabilan saat bermanuver, sehingga sangat perlu diperhatikan.

“Semua yang ada di atas motor harus seimbang, ini untuk menjaga kestabilan dalam bermanuver,” ungkap Sony kepada Kompas.com, Kamis (21/9/2023).

Sony juga menjelaskan, tindakan tersebut sulit untuk dilakukan mengingat motor hanya memiliki dua roda, dan pergeseran berat yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah ketika berkendara

“Kondisi ini yang susah dijaga, mengingat sepeda motor hanya memiliki dua ban,” ucap Sony.

Meski begitu, menjaga keseimbangan saat berkendara merupakan keterampilan yang bisa dipelajari dan ditingkatkan seiring berjalannya waktu dan pengalaman.

Baca juga: RSV Hadirkan Layanan Perawatan Helm Gratis

Naik motor tetap menerapkan protokol kesehatan dan memperhatikan safety riding di jalan.Foto: Yamaha Naik motor tetap menerapkan protokol kesehatan dan memperhatikan safety riding di jalan.

2. Keamanan

Pencuri atau penjambretan adalah ancaman yang serius saat mengendarai sepeda motor, terutama jika barang-barang atau tas bahu tidak diposisikan dengan benar.

“Barang-barang yang tidak pada posisinya dengan benar, akan memancing orang untuk menjambret. Dan kalau ditarik seketika maka reaksinya adalah menahan tas tersebut sambil menjaga keseimbangan,” ungkap Sony.

Sony juga menambahkan, jika sudah seperti itu menahan tas sambil menjaga keseimbangan motor, rata-rata hal yang terjadi adalah jatuh.

Kemudian agar kejadian itu tidak terjadi, Sony memberikan tips menaruh tas bahu yang benar agar tetap aman dan nyaman ketika berkendara sepeda motor.

“Penempatan yang benar harus ditengah. Bisa di antara pengemudi dan penumpang, di dalam bagasi, di depan tengah atau di dalam jaket,” jelas Sony.

Selain itu, Sony juga membenarkan perilaku yang memilih barang penting seperti dompet dimasukkan dalam bagasi agar lebih aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com