Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Prabowo Sopiri Jokowi Naik Maung Generasi Terbaru

Kompas.com - 19/09/2023, 19:15 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali terlihat disopiri oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Keduanya terlihat mengendarai Maung generasi terbaru.

Momen tersebut diunggah di akun Instagram resmi Presiden RI @jokowi. Dalam unggahan tersebut, Jokowi menyebutkan bahwa dirinya sedang dalam kunjungan ke Jawa Barat.

Baca juga: Pindad Maung 4x4 Seken Dijual, Harga Rp 900 Jutaan

"Naik kendaraan taktis (rantis) Maung buatan PT Pindad (Persero) dalam kunjungan ke Kabupaten Bandung, Jawa Barat, hari ini," tulis Jokowi, pada keterangan dalam unggahannya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi)

 

Maung yang digunakan tersebut diketahui merupakan generasi terbaru yang sebelumnya juga sempat dikendarai oleh Prabowo dan Jokowi saat meninjau gudang amunisi milik PT Pindad (Persero) di Turen, Malang, Jawa Timur, pada Juli lalu.

Mobil dengan sistem penggerak roda 4x4 ini sudah pernah diperkenalkan juga oleh PT Pindad pada ajang pameran Indo Defence Expo & Forum di JIExpo pada November 2022.

Pada waktu itu, kendaraan taktis (rantis) ini masih menggunakan nama Morino MV Cruiser. Morino sendiri merupakan singkatan dari Mobil Rekacipta Indonesia.

Baca juga: 2.500 Unit Maung Dipesan di Ajang Business Matching Tahap V

Desain eksterior Maung generasi ketiga ini terlihat lebih modern dan semakin agresif. Dibandingkan dengan Maung generasi pertama, mobil tersebut terlihat lebih kaku.


Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi naik kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4. Keduanya disopiri Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan ditemani oleh Menteri BUMN Erick Thohir, saat meninjau gudang munisi milik PT Pindad di Turen, Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023).
Foto: Istimewa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi naik kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4. Keduanya disopiri Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan ditemani oleh Menteri BUMN Erick Thohir, saat meninjau gudang munisi milik PT Pindad di Turen, Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023).

Pada bagian muka, Maung generasi terbaru ini mirip dengan Toyota FJ Cruiser dan Ford Bronco. Sementara di bagian samping, pintunya model setengah ala urban tactical. Lalu, pada atapnya, tersedia dua versi, yakni hard top dan soft top.

Kemudian, di bagian buritan, lampu belakangnya mirip dengan Jeep Wrangler Rubicon. Sementara di bagian interior, banyak memiliki kemiripan dengan Isuzu mu-X.

Presiden Joko Widodo kunjungan kerja ke PT Pindad Malang menaiki mobil taktis Maung disopiri Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, Senin (24/7/2023).KOMPAS.COM/Imron Hakiki Presiden Joko Widodo kunjungan kerja ke PT Pindad Malang menaiki mobil taktis Maung disopiri Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, Senin (24/7/2023).

Untuk dimensinya, Maung memiliki panjang 4.835 mm, lebar 2.000 mm, serta tinggi: 1.890 mm. Bobot kosongnya bisa mencapai 2.510 kg.

Suspensi depan model independent coil spring, dan belakang rigid coil spring. Dapur pacunya mengandalkan mesin diesel 4 silinder turbocharged berdaya 136 tk. Rantis ini diklaim dapat melaju di kecepatan aman 100 kilometer per jam dan memiliki jarak tempuh hingga 500 Km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com