Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Disopiri Naik Rantis Maung Terbaru, Intip Spesifikasinya

Kompas.com - 25/07/2023, 07:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi naik kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4. Keduanya disopiri Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan ditemani oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana duduk di bangku penumpang, saat meninjau gudang amunisi milik PT Pindad di Turen, Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023).

Jokowi mengatakan, kedatangannya bersama Prabowo dan Erick Thohir untuk melihat kesiapan Pindad dalam hal pemenuhan pasar ekspor yang dinilai meningkat.

Baca juga: Begini Langkah Menghidupkan Motor yang Sudah Lama Mangkrak

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyetir kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4 bersama Presiden Joko Widodo, Ibu Iriana Jokowi, dan Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau gudang munisi milik PT Pindad di Malang, Senin (24/7/2023).Dokumentasi/Partai Gerindra Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyetir kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4 bersama Presiden Joko Widodo, Ibu Iriana Jokowi, dan Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau gudang munisi milik PT Pindad di Malang, Senin (24/7/2023).

“Ya memang utamanya kami bertiga dengan Pak Menhan dan Pak MenBUMN ingin mengunjungi Pindad karena permintaan dari pasar ekspor meningkat sangat tajam,” kata Jokowi dalam keterangan resmi, Selasa (25/7/2023).

Jokowi mengatakan, industri pertahanan di Indonesia, memiliki prospek yang baik dan harus ditingkatkan. baik yang berkaitan dengan peluru, senjata, dan kendaraan.

Untuk itu, Jokowi akan menggelar rapat untuk menentukan kesiapan dan arah dari Pindad.

“Jadi nanti kami akan rapat dengan komisaris utama semuanya ingin memutuskan ke arah mana pindad ini akan dibawa karena memang ada sebuah demand permintaan yang sangat besar sekali dari luar untuk eskpor ya,” katanya.

Baca juga: Strategi Tekan Angka Kecelakaan di Pelintasan Sebidang Kereta Api

Pindad Morino MV CruiserKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Pindad Morino MV Cruiser

Untuk diketahui, Maung 4x4 yang ditumpangi Jokowi merupakan Maung generasi baru. Mobil ini pernah diperkenalkan PT Pindad (Persero) di ajang Indo Defence Expo & Forum di JI Expo, November 2022 lalu.

Saat itu nama produk ini adalah MV Cruiser. Morino sendiri merupakan singkatan dari Mobil Rekacipta Indonesia. Secara desain bentuk generasi ketiga ini lebih modern, tidak kaku seperti Maung yang pertama kali diperkenalkan.

Bagian depannya mirip Toyota FJ Cruiser dan Ford Bronco. Kemudian di bagian samping, menggunakan pintu model setengah (urban tactical). Bagian atapnya ada dua versi yaitu versi bolong, hard top, dan juga soft top.

Untuk bagian belakang, lampu kombinasi yang digunakan seperti yang dipasang pada Jeep Wrangler Rubicon terbaru. Selain itu, ada ban serep besar bertengger di pintu bagasi.

Baca juga: Miniatur Ferrari Purosangue, Harganya Setara Innova Zenix Hybrid

Pindad Morino MV CruiserKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Pindad Morino MV Cruiser

Kemudian di bagian interior, tampak dasbor yang serupa dengan Isuzu Mu-X, bahkan sampai ke konsol tengah. Memang, Pindad mengubah sedikit di bagian setir sehingga tidak ada lagi logo Isuzu.

Spesifikasinya mobil memiliki konfigurasi: 4x4, berat kosong 2.510 Kg, serta dimensi panjang 4.835 mm, lebar 2.000 mm, serta tinggi: 1.890 mm.

Suspensi depan model independent coil spring, dan belakang rigid coil spring. Jantung pacu mesin diesel 4 silinder turbocharged berdaya 136 Tk. Kendaraan ini dapat melaju di kecepatan aman 100 Kpj dan memiliki jarak tempuh hingga 500 Km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com