Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTM Menyerah, Korbankan Pebalap Lain demi Pedro Acosta?

Kompas.com - 18/09/2023, 11:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Motosan.es

JAKARTA, KOMPAS.com - Upaya KTM untuk menambah tim satelit agar bisa memasukkan Pedro Acosta untuk balapan di MotoGP 2024 menemui jalan buntu. Dorna Sports tidak mengizinkan KTM menambah tim.

Meski belum ada pernyataan resmi dari KTM, pada akhirnya bos KTM Motorsports, Pit Beirer, mengindikasikan bahwa KTM harus mendepak salah satu pebalapnya saat ini agar Acosta bisa balapan pada MotoGP 2024.

Baca juga: Intip Spesikasi Truk Besar yang Viral di Tiktok

Pedro Acosta saat berlaga pada Moto2 Valencia 2022Dok. @37pedroacosta Pedro Acosta saat berlaga pada Moto2 Valencia 2022

“Kami sudah lama mencoba untuk mendapatkan satu atau dua tempat tambahan, tapi sayangnya sepertinya kami harus mengambil tempat itu dari salah satu pebalap," kata Beirer, dikutip dari Motosan.es, Senin (18/9/2023).

Belum ada konfirmasi siapa pebalap yang nantinya akan tergusur. Namun, jika melihat peta yang ada, tidak mungkin Brad Binder sebab pebalap asal Afrika Selatan tersebut baru memperpanjang kontrak.

Sehingga, pilihannya ialah tiga pebalap lain, yaitu Jack Miller di tim Red Bull KTM, atau Augusto Fernandez dan Pol Espargaro yang berada di tim Gasgas Racing.

Baca juga: Ada Perbaikan Tol Jakarta-Cikampek, Cek Jadwalnya

Pebalap Honda Red Bull KTM Ajo asal Spanyol Pedro Acosta merayakan juara dunianya di podium setelah memenangi balapan Moto3 Grand Prix Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, pada 7 November 2021.PATRICIA DE MELO MOREIRA Pebalap Honda Red Bull KTM Ajo asal Spanyol Pedro Acosta merayakan juara dunianya di podium setelah memenangi balapan Moto3 Grand Prix Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, pada 7 November 2021.

Beirer mengatakan, solusi yang awalnya diinginkan KTM ialah menambah tim dengan merek baru. Seperti saat ini ada KTM dan Gasgas, adapun tim ketiga yang diusulkan tersebut isunya ialah MV Agusta tapi ditolak Dorna.

“Awalnya kami ingin memasuki MotoGP dengan merek ketiga, tapi itu hanya mungkin jika kami membangun motor yang benar-benar berbeda dan tidak ada cukup waktu untuk itu," ujar Beirer.

"Kemudian kami mengusulkan untuk mendapatkan tempat untuk proyek junior kami bersama Aki Ajo, di mana kami akan melatih seorang pebalap di MotoGP. Kami akan membayar semuanya sendiri, kami tidak menginginkan subsidi,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com