Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lexus RZ Raih Bintang Lima Tes Tabrak Euro NCAP

Kompas.com - 16/09/2023, 17:11 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lexus RZ belum lama ini mendapat pengakuan sebagai mobil yang bisa melindungi penumpang dengan baik saat kecelakaan. Mobil listrik tersebut meraih bintang lima dari Euro NCAP.

Untuk diketahui, Lexus RZ dibangun dengan platform yang sama seperti Toyota bZ4X dan Subaru Solterra. Mobil listrik ini juga dipasarkan di Indonesia dengam banderol Rp 2,287 miliar (OTR Jakarta).

Baca juga: Hitung Biaya Konsumsi Daya Mobil Listrik Lexus RZ 450e

Dikutip dari Euroncap.com, Sabtu (16/9/2023), Lexus RZ dites keamanannya dengan cara ditabrakkan ke satu objek dalam kecepatan tertentu. Terlihat meski bagian luarnya cukup hancur, tapi perlindungan untuk penumpang di dalam sangat baik.

Lexus RZ
Dok. EURO NCAP Lexus RZ

Untuk pengetesan keselamatan pada penumpang dewasa, Lexus RZ mendapatkan nilai 35,1 poin atau 87 persen. Lalu, untuk keselamatan penumpang anak-anak, mendapatkan nilai 43 poin atau 87 persen.

Kemudian, perlindungan pada pejalan kaki mendapat nilai 53,4 poin atau 84 persen. Sedangkan untuk sistem keselamatannya, Lexus RZ mendapat nilai 14,7 poin atau 81 persen.

Baca juga: Rasa Berkendara Bersama Lexus RZ 450e di Jalur Jakarta-Bekasi

Lexus juga melengkapi mobil ini dengan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) yang meliputi banyak fitur. Namun, Euro NCAP hanya mengetes beberapa fitur, seperti Road Sign Assist with Speed Limiter, Driver Monitor, Lane Departure Alert & Lane Tracing Assist, dan Pre-Collision System. Hasilnya, sistem bantuan pengemudi ini mendapatkan nilai 14,7 poin atau 81 persen.

Lexus RZDok. EURO NCAP Lexus RZ

Mobil listrik ini memiliki kinerja baik dalam uji tabrak skala penuh dan evaluasi perlindungan penumpang tambahan, mendapatkan nilai tertinggi dalam uji penghalang samping.

Namun, dalam uji penghalang kaku dengan lebar penuh, perlindungan dada dinilai lemah untuk penumpang belakang, dan dalam uji tiang samping, pembacaan tiruan kompresi tulang rusuk menunjukkan tingkat perlindungan yang marjinal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com