Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Kecanggihan Fitur Lexus RZ 450e

Kompas.com - 02/08/2023, 17:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan akselerasi industri kendaraan bermotor listrik nasional, Lexus Indonesia membawa model RZ 450e untuk pasar Tanah Air pada awal tahun 2023.

Sebagaimana produk Lexus lain, kendaraan berharga Rp 2 miliar tersebut memiliki berbagai aspek mewah dan canggih.

Terlebih ruang interior mobil dirancang dengan aspek aspek human-centered yang mana hal ini terlihat pada fitur dan teknologi berorientasi pada penghuni kabin.

Baca juga: Harga MPV Bekas per Agustus 2023 mulai Rp 57 Jutaan

Lexus RZ 450eKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Lexus RZ 450e

Bagian kokpit Lexus RZ 450e menerapkan Tazuna Concept, yang meningkatkan koneksi pengemudi dengan kendaraan sehingga memudahkan mengoperasikan sejumlah fitur saat berkendara.

Layanan hiburan mobil, berpusat pada layar sentuh berukuran 14-inci yang telah didukung dengan sejumlah menu mulai dari pemutar musik, sistem navigasi hingga sambungan ke smartphone lewat Android Auto dan Apple CarPlay.

Pengendara maupun penumpang juga bisa mengoperasikan layanan hiburan lewat perintah suara atau "Hi Lexus!".

Sedangkan untuk sistem audionya telah didukung oleh 13 speaker Lexus Premium Surround Sound Mark Levinson.

Tersedia Shadow Illumination Door Trim yang memberikan kesan yang lebih segar dan merepresentasikan sustainability yang merupakan bagian dari Lexus EV.

Baca juga: Harga LCGC Bekas per Agustus 2023 mulai Rp 60 Jutaan

Mengusung konfigurasi 5-penumpang, Lexus RZ 450e juga telah dibekali dengan fitur Radiant Heating atau penghangat untuk area kaki pengemudi dan penumpang.

Selain fitur kenyamanan di dalam kabin yang cukup lengkap, Lexus RZ 450e juga telah dibekali dengan sejumlah fitur keselamatan mulai dari peranti standar seperti SRS Airbag hingga Lexus Safety System.

Rancang bangun pada Lexus RZ 450e juga memiliki kemampuan daya serap benturan yang telah ditingkatkan lewat new door impact beam dan quarter lock pillar design.

Dalam penggunaan sehari-hari di dalam kota, pada pengetesan Kompas.com fitur-fitur tersebut sangat mudah dioperasikan. Sebab mayoritas operasionalnya hanya diatur lewat setir kemudi.

Namun memang dalam mengatur mode berkendara dan peta, masih lebih mudah dengan menekan layar hiburan di tengah. Hal ini cukup mengganggu ketika berada di jalur bebas hambatan.

Baca juga: Adu Harga The New SUV Mitsubishi, dengan HR-V, Creta dan Omoda 5

Aksi manuver Lexus RZ 450e Kompas.com - Aris Harvenda Aksi manuver Lexus RZ 450e

Apalagi untuk mengubah mode berkendara, harus melalui beberapa tahap dahulu. Tidak bisa langsung dipencet sepeti kendaraan pada umumnya.

Sementara itu, untuk sistem pengendaraan semi otonom juga terbilang lengkap berkat Lexus Safety System+ 3.0.

Sejumlah fitur keselamatan yang tersedia di antaranya adalah Pre-Collision System (PCS), All Speed Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) dengan Steering Assist, Lane Tracing Assist (LTA), Intelligent High Beams (IHB), dan Safe Exit Assist (SEA).

Fitur yang tidak kalah menarik dari Lexus RZ 450e ini adalah Advance Park yang memungkinkan kendaraan parkir secara otomatis. Fitur ini bekerja dengan sejumlah sensor dan kamera yang memungkinkan mobil bisa diparkir tanpa intervensi dari pengemudi.

Untuk mengakses fitur ini pengemudi cukup menekan tombol START pada layanan Multimedia Display lalu memilih lahan parkir yang ingin digunakan pada layar utama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com