Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PO Pandawa 87, Unit yang Dipajang di GIIAS 2023

Kompas.com - 16/09/2023, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus baru PO Pandawa 87 yang dipamerkan saat GIIAS akhirnya segera digunakan di jalan raya. Berarti kurang dari satu bulan, bus tersebut sudah siap beroperasi.

Kalau dilihat secara tampilan, bus PO Pandawa 87 ini memang minim ubahan. Jadi masih Jetbus 5 Dream Coach dan livery yang digunakan masih sama, yakni Anniversary 50 tahun Karoseri Adiputro.

Jadi kelirnya masih biru, ditambah stiker 50 di bagian samping yang dibuat dari pola X. Pola silang tersebut memang banyak ditemui di bagian kabin, tapi sebelumnya kita bahas dahulu eksteriornya.

Baca juga: 6 PO yang Pedana Pakai Bus Jetbus 5 Adiputro

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yohan Setiawan (@yohansetiawan08)

 

Terlihat, ada tambahan stiker Pandawa 87 di bus baru ini. Seperti di bagian samping di bawah kaca, bando depan, dan kaca belakang dipasang stiker dengan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk menyewa bus.

Beralih ke bagian dalam, ada tambahan pada sistem infotainment atau TV besar di bagian depan. Sebelumnya pada unit yang dipamerkan saat GIIAS tidak terpasang TV di depan.

Soal kabin, Dream Coach Jetbus 5 ini diisi dengan 22 kapsul pribadi. Jadi setiap penumpang duduk sendiri-sendiri dan model bangkunya juga selonjoran dengan fitur pijat, makin nyaman saja.

Baca juga: STNK Tanpa Stempel di Lembar Pengesahan, Jangan Mau Ditilang


Untuk sasis, unit Jetbus 5 milik Pandawa 87 ini memilih Mercedes Benz OH 1626. Sudah pakai air suspension demi membuat penumpang nyaman selama perjalanan.

Setidaknya sekarang baru ada dua Jetbus 5 yang resmi di jalan raya. Pertama dari Travelink di Bali, Jetbus 5 MD, dan satu lagi milik Pandawa 87, dengan bodi Jetbus 5 Dream Coach.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com