Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Jetbus 5 Dream Coach dengan Jetbus 3 Dream Coach

Kompas.com - 18/08/2023, 16:40 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Adiputro rilis bus baru di GIIAS 2023, yakni Jetbus 5. Salah satu jenis bodi yang dibawa adalah Dream Coach, bus yang kabinnya diisi dengan bangku yang bisa direbahkan atau kerap disebut sleeper bus.

Untuk Jetbus 5, ada beberapa ubahan yang cukup banyak baik di bagian luar maupun dalam. Pada bagian eksterior, bisa dilihat kalau Jetbus 5 menggunakan lampu depan dan belakang yang benar-benar baru.

Selain itu masih di depan, unit Dream Coach Jetbus 5 yang dibawa di GIIAS menggunakan model double glass. Adiputro juga mengubah tampilan dari bando dan spionnya, kini dengan lampu yang dipasang miring.

Baca juga: 3 Unit Bus Jetbus 5 Adiputro Pakai Sasis Mercedes-Benz

Jetbus 5 Dream Coach Kompas.com/Fathan Jetbus 5 Dream Coach

Sedangkan di bagian samping, kelihatan jelas antara Jetbus 5 Dream Coach dengan model sebelumnya. Pada bagian selendang, Jetbus 5 Dream Coach pakai model baru yang simpel, bahkan mirip dengan varian bodi lainnya.

Sedangkan kalau melihat ke Jetbus 3 Dream Coach, selendangnya spesial, beda sendiri. Cuma dari bagian samping ini kelihatan kaca yang bertumpuk, khas Dream Coach.

Pada bagian kabin, sebenarnya tidak banyak yang berubah dari Jetbus 3 Dream Coach. Ruangan setiap penumpang masih berbentuk kabin kapsul, lebih tertutup daripada Suites Class buatan Laksana.

Baca juga: Segera Dirilis, Toyota Rangga Concept Goda Pengguna Campervan

Jetbus 5 Dream Coach Kompas.com/Fathan Jetbus 5 Dream Coach

Cuma ada detail-detail baru yang dibawa bodi Jetbus 5 ke Dream Coach. Misalnya seperti bangku baru dari Alldila Seat baru, warna biru dengan detail 50 tahun usia Karoseri Adiputro.

Lalu paling baru adalah kisi-kisi AC yang tampilannya lebih modern. Bahkan bisa dibilang seperti di mobil penumpang, atau sudah digunakan di bus yang ada di luar negeri.

Jetbus 5 Dream Coach Kompas.com/Fathan Jetbus 5 Dream Coach

Bagian lainnya yang menarik ada di detail-detail seperti silang. Ada di atap setiap kabin, selain itu di bagian atas juga ada, dekat dengan komponen AC di kabin.

Sisanya, tidak banyak ubahan antara Jetbus 3 dan Jetbus 5. Cuma kelihatannya di Dream Coach baru ini bangkunya tidak lebih rebah, atau agak tegak, mungkin terkait dengan safety yang tidak memperbolehkan bangku terlalu tegak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com