Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Jetbus 5 dengan Jetbus 3 Milik Karoseri Adiputro

Kompas.com - 13/08/2023, 11:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Karoseri Adiputro baru saja meluncurkan bus baru dengan nama Jetbus 5 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD, Jumat (11/8/2023).

Ada 6 unit bus yang dipamerkan oleh Karoseri Adiputro dengan menggunakan bodi Jetbus 5. Bila melihat ke generasi sebelum yaitu Jetbus 3, ada banyakan ubahan yang dilakukan pada Jetbus 5 baik itu dari eksterior dan interior bus.

Misalnya bagian fasia depan yang kini menggunakan DRL LED putih dengan garis memanjang, dengan sein sequential. Desain lampu ini mirip seperti desain mobil penumpang keluaran terbaru.

Baca juga: Mau Kredit Toyota RAV4 GR Sport PHEV, Cicilan Rp 25 Juta Per Bulan

Tampang depan bus tampil bus menggunakan dua model, ada versi single glass (kaca tunggal) dan ada yang pakai kaca ganda (double glass) yang kini tampil beda dari Jetbus 3.

Direktur PT Adiputro Wirasejati Jesse Jethrokusumo mengatakan, bagian bando double glass Jetbus 5 kini punya ukuran lebih tipis dari versi Jetbus 3.

Bodi SHD Single Glass Jetbus 5 KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bodi SHD Single Glass Jetbus 5

“Untuk model double glass Jetbus 5 kini jadi lebih kecil lagi untuk ukuran bandonya. Lebih kecil 10 cm dari Jetbus 3,” kata Jesse kepada Kompas.com di booth Karoseri Adiputro yang ada di GIIAS 2023, Sabtu (12/8/2023).

Kemudian, ubahan lainnya ada pada bagian kaca samping bus yang tampil lebih minimalis tanpa aksen selendang.

Jesse mengatakan, setelah mempelajari kekurang dan kelebihan selendang yang sebelumnya hadir di Jetbus 3, banyak penumpang yang tidak menginginkan pandangan terhalang. Maka dari itu pada Jetbus 5 tidak disematkan aksen selendang kaca samping.

Baca juga: Mau Kredit Motor Listrik Honda EM1 e:, Cicilan mulai Rp 1 Jutaan

Lalu pada bagian kaca spion kini juga tampil beda, bila di Jetbus 3 terdapat detail lampu garis lurus memanjang, kini lampu di kaca spion Jetbus 5 tampil dengan garis miring.

Sementara itu, ubahan yang dilakukan pada interior ada pada louver AC yang kini tampil lebih modern.

“Model louver AC kini menyamping sehingga penumpang mendapatkan kesejukan AC secara adil,” kata Jesse.

Ubahan lainnya adalah kini lorong bus jadi lebih lapang, sehingga penumpang yang keluar masuk bus tidak sempit saat berjalan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com