Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Sediakan Uang Lebih Saat Beli Mobil Matik Bekas di Atas 10 Tahun

Kompas.com - 15/09/2023, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil transmisi matik memang cukup menarik untuk dipertimbangkan saat hendak membeli mobil bekas. Kemudahan operasional akan memanjakan pengemudi di berbagai medan jalan seperti kondisi macet di perkotaan.

Hanya saja, transmisi otomatis memiliki teknologi berbeda dengan transmisi manual sehingga biaya perawatan dan perbaikan bila terjadi kerusakan akan lebih besar estimasinya.

Sehingga, saat hendak membeli mobil matik konsumen wajib menyediakan dana darurat untuk mengantisipasi perbaikan.

Baca juga: Beli Yaris Bakpao Disarankan Pilih Transmisi Matik

Overhaul transmisi matik Bengkel Worner Matic Overhaul transmisi matik

Hermas Efendi Prabowo, Pemilik Warner Matic Bengkel Spesialis Matik mengatakan semua jenis transmisi otomatis memiliki masa pakai.

“Bila usia mobil matik bekas sudah di atas 10 tahun, maka diperlukan antisipasi dengan menganggap transmisinya sudah rusak, sehingga tidak akan kecewa di kemudian hari ketika terjadi kerusakan,” ucap Hermas kepada Kompas.com, Minggu (10/9/2023).

Menurut Hermas kerusakan transmisi matik pada mobil berusia 10 tahun ke atas sangat mungkin terjadi karena beberapa komponen di dalamnya memiliki masa pakai.

Dengan demikian dibutuhkan dana darurat untuk perbaikan transmisi matik agar performanya bisa kembali normal ketika terjadi kerusakan.

Baca juga: Gejala Transmisi Matik Bermasalah, Akselerasi Mendadak Lemot

Parking pawl sebagai pengunci transmisi saat posisi tuas di PDicky Aditya Wijaya Parking pawl sebagai pengunci transmisi saat posisi tuas di P

“Jadi ketika dapat mobil dengan banderol lebih kecil, jangan menganggap dapat barang murah, itu memang harga normalnya, selisih harga itu bisa digunakan untuk menutup biaya perbaikan transmisi matik,” ucap Hermas.

Kendati demikian, Hermas memastikan bahwa setiap kerusakan pada mobil matik bisa diperbaiki sampai tuntas sehingga konsumen tidak perlu khawatir.

Transmisi matik yang sudah rusak bisa diperbaiki seperti sedia kala seperti baru, sehingga konsumen cukup mempersiapkan dana perbaikannya saja sebelum memutuskan beli mobil matik bekas di atas 10 tahun,” ucap Hermas.

Baca juga: Pengemudi Wajib Tahu Fungsi Masing-masing Tuas Transmisi Matik

Mengenai berapa besaran dana yang diperlukan untuk mengembalikan performa transmisi matik seperti sedia kala, Hermas tidak bisa menyebutkan angkanya karena cukup bervariasi.

“Soal estimasi perbaikan transmisi matik saya tidak bisa menyebutkan angka, bisa saja saya sebutkan estimasi paling minimnya tapi bila ternyata setelah dilakukan pemeriksaan terdapat kerusakan di luar perkiraan akan mengecewakan konsumen,” ucap Hermas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com