Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Motor di JLNT Casablanca, Tidak Belajar dari Kesalahan

Kompas.com - 14/09/2023, 17:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca kembali terjadi. Sepertinya kejadian ini terus terulang, seperti tidak belajar dari kesalahan.

Video balapan liar motor yang berujung kecelakaan ini diunggah akun Steve Jou di Instagram. Terlihat beberapa motor tergeletak di jalan sambil dievakuasi.

Menurut Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, kecelakaan seperti ini akan terus terulang selama orang punya adab.

Baca juga: Cari Celaka, Video Pengendara Motor Lawan Arus di JLNT Casablanca

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Steve Jourdan Barlian (@steve_jou)

 

"Ini harus datang dari kesadaran sendiri. Kan sudah paham bahaya-bahayanya, tahu juga kalau melanggar bisa ditilang," ucap Sony kepada Kompas.com, Kamis (14/9/2023).

Selain itu, seharusnya orang juga punya kemampuan buat belajar dari kecelakaan. Sudah tau sering kejadian celaka, terutama motor, tapi masih saja dilakukan.

Baca juga: Hyundai Infracore Ambil Bagian di IEE Series 2023, Pajang Develon

Nah, jangan hanya berpikir jalan yang sepi, kosong dianggap boleh dan aman untuk trek-trekan. Pastikan paham arti rambu-rambu dan berkendaralah dengan etika," ucap Sony.

Sony mengatakan, orang yang punya SIM seharusnya berpikir dan punya pengetahuan dari A sampai Z. Tapi sayang, edukasi keselamatan lalu lintas tidak diajarkan dari bangku sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com