Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JLNT Casablanca Bakal Dipasang Kamera ETLE Tahun Ini

Kompas.com - 12/07/2023, 17:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman menyebut bahwa pihaknya bakal segera memasang kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) di Jalan Layanan Non Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta Selatan tahun ini.

Menurut dia, waktu pemasangan fasilitas dimaksud ialah sekitar tiga sampai empat bulan ke depan. Sehingga diharapkan semua pengendara khususnya roda dua semakin tertib.

Mengingat, masih banyak pengendara sepeda motor yang kerap melintas di JLNT Casablanca. Bahkan tidak jarang dari pengendara terkait kecelakaan sebagaimana terjadi beberapa bulan ke belakang.

Baca juga: Alasan Kenapa Konsumsi BBM Mobil Baru Tidak Sesuai dengan Brosur

Pengendara sepeda motor terlihat masih melintasi jalan layang non tol (JLNT) Casablanca, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2018).KOMPAS.COM/DAVID OLIVER PURBA Pengendara sepeda motor terlihat masih melintasi jalan layang non tol (JLNT) Casablanca, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2018).

"Sekarang udah pengajuan untuk ETLE. Mudah-mudahan tahun ini segera terpasang. Mungkin 3 hingga 4 bulan lagi udah terpasang untuk penindakan," ujar Latif dikutip Kompas.com, Selasa (11/7/2023).

Sebelumnya, Polres Jakarta Selatan telah meringkus 309 unit sepeda motor yang melakukan balapan liar di JLNT Casablanca pada malam hari. Dari total tersebut, 75 unit di antaranya diamankan polisi karena tak punya surat-surat jalan.

"Rincian lagi, yang kita tilang ini ada 100 orang tidak ada SIM dan yang tidak membawa STNK ada 134 orang. JAdi total 309 kendaraan yang kita lakukan penindakan," kata Wakapolres Metro Jakarta Selatan AKBP Harun.

Baca juga: Coba Hindari Razia, Pengendara Motor Ini Malah Terserempet Truk

Dengan kondisi yang mengkhawatirkan itu, Latif memutuskan bahwa JLNT Casablanca juga menjadi salah satu target Operasi Patuh Jaya 2023. Ia mengimbau pengendara motor agar tidak melintas di kawasan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com