Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Hummer H3 Servis Kaki-kaki, Habis Sampai Rp 125 Juta

Kompas.com - 12/09/2023, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Hummer merupakan salah satu merek mobil asal Amerika Serikat (AS) yang terkenal dengan produk SUV tangguh. Mobil ini memiliki bentuk kekar yang diambil dari basis Humvee yaitu mobil militer angkatan bersenjata AS.

Populasinya di Indonesia terbilang sedikit, sebab Hummer tidak dijual secara resmi di Indonesia. Unit yang masuk ke Tanah Air melalui tangan importir umum.

Hal tersebut ternyata berdampak pada biaya servis yang cukup tinggi. Misalnya, seperti video yang diunggah oleh akun Tiktok bernama Mekanik KW.

Baca juga: Perbedaan Subwoofer Belakang dan Kolong, Sekarang Jauh Lebih Simpel

Pada tayangan tersebut dijelaskan bahwa harga spare parts kaki-kaki mobil Hummer H3 tembus Rp 105 juta.

“Renew kaki-kaki Hummer H3 tembus Rp 105 juta. Ini terpaksa kita ganti, sama low arm, upper arm, sensor ABS sebelah kiri sudah menyala, bushing link stabil kita ganti. Kenapa bisa kena Rp 105 juta? Karena barangnya H3 sudah diskontinu semua, jadi kita harus berburu barangnya sampai Amerika,” ucap pria dalam rekaman tersebut.

@mekanikkw pahami dlu jenis kendara'an dan karakter sebelum komen ????????????#viral #fyp? #fyp #mekanikkw #penipuan #showroom ? suara asli - Mekanik KW

Pria dalam video itu juga menambahkan, faktor yang membuat biaya perbaikan mahal lantaran pembelian parts tidak bisa dilakukan satuan.

“Kenapa tidak ganti bushingnya saja? Mereka tidak ada jual bushingnya saja, memang harus diganti full set,” kata dia.

Saat dihubungi tim Kompas.com, Selasa (12/9/2023), Ryan, mekanik Premium Cars PKU mengatakan, banderol tersebut terbilang wajar untuk spare parts kaki-kaki mobil Hummer.

“Memang segitu (kisarannya). Karena sebagian part sudah tidak diproduksi sama pabrikan, jadi memang butuh effort lebih buat mencari barangnya. Makanya harganya melambung,” kata Ryan, kepada Kompas.com.

Adapun untuk estimasi biaya perbaikan keseluruhan kaki-kaki Hummer H3 lansiran 2011 itu tembus Rp 125 juta.

“Estimasi kotor Rp 125 juta, itu belum semua dihitung kemarin parts-nya,” kata Ryan.

Pada tahun 2002, GM meluncurkan Hummer H2. Mobil ini merupakan versi yang lebih kecil dari Hummer pertama dengan bobot 3 ton. Foto: ruotedasogno.com Pada tahun 2002, GM meluncurkan Hummer H2. Mobil ini merupakan versi yang lebih kecil dari Hummer pertama dengan bobot 3 ton.

Sebagai informasi, Hummer H3 lahir perdana pada 2005. Secara dimensi H3 lebih kecil dari generasi sebelumnya H2, dengan bobot 2,4 ton. Konsumsi bahan bakar diklaim lebih hemat yaitu 16-20 mil per galon atau 16-32 km per 3,7 liter.

H3 versi 2010 dibekali mesin bensin LH9 5.300 cc dengan tenaga 300 HP pada 5.200 RPM dan torsi puncak 320 NM pada 4.000 RPM.

Baca juga: Beli Yaris Bakpao Disarankan Pilih Transmisi Matik

Hummer H3 punya sistem suspensi dengan tipe independent, lalu suspensi belakang model semi-floating. Ukuran diameter Shock Absorber depan dan belakang 46 mm, ditambah diameter Front Anti-Roll Ball 1,41 inci dan Anti-Roll Bar belakang 0,98 inci.

Melihat situs jual beli mobil bekas, terdapat sejumlah H3 bekas yang dijual. Mayoritas keluaran tahun 2004-2011 dengan rentang harga Rp 850 juta sampai Rp 1,5 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com