Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Perbedaan Toyota Rumion dan Suzuki Ertiga

Kompas.com - 12/09/2023, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini Toyota meluncurkan Multi Purpose Vehicle (MPV) terbarunya bernama All New Toyota Rumion. Mobil ini merupakan produk kerjasama antara Toyota dan Maruti Suzuki yang mengambil basis dari Suzuki Ertiga.

Meski menggunakan basis yang sama, namun ternyata ada sejumlah perbedaan antara Rumion dan Ertiga. Lantas apa saja perbedaannya?

Eskterior

Secara keseluruhan tampilan eksterior Rumion dan Ertiga memiliki banyak kesamaan. Hanya saja, Rumion mengusung grill yang mirip dengan Toyota Kijang Innova Crysta, dengan rumah foglamp berbentuk trapesium dan bumper desain baru.

Baca juga: Suzuki XL7 Hybrid Punya Kapasitas Baterai yang Lebih Besar dari Ertiga, Apa Bedanya?

Suzuki Ertiga faceliftDok. Maruti Suzuki Suzuki Ertiga facelift

Sementara, Suzuki Ertiga mengusung gril dengan aksen chrome. Rumah foglamp dibuat lebih sederhana dengan desain bumper yang lebih minimalis dibandingkan Rumion.

Baik Rumion dan Ertiga sama-sama dibekali pelek berukuran 15 inci. Hanya saja desain pelek kipas Rumion terlihat lebih modern dibandingkan dengan Ertiga.

Sedangkan di bagian buritan, keduanya nyaris tak ada perbedaan antara keduanya. Mulai dari desain lampu rem hingga bumper terlihat identik, yang membedakan adalah emblem dari masing-masing merek.

Toyota Rumiontoyotabharat.com Toyota Rumion

Interior

Di bagian kabin, tidak ada perbedaan layout dasbor antara Rumion dan Ertiga. Keduanya mendapatkan sentuhan interior dual-tone dengan sisipan panel kayu pada bagian dasbor dan setir.

Baik Rumion maupun Ertiga sudah dibekali head unit touchscreen 8 inci yang sudah terintegrasi dengan bluetooth, Android Auto dan Apple CarPlay. Begitupun pada baris kedua dan ketiga, tidak ada perbedaan yang signifikan.

Satu-satunya pembeda adalah lambang dari masing-masing merek, seperti salah satu contohnya pada bagian setir.

Baca juga: Promo LMPV Awal September 2023, Suzuki Ertiga Hybrid Diskon Rp 33 Juta

Suzuki Ertiga HybridKOMPAS.com/Ruly Suzuki Ertiga Hybrid

Fitur

Pada dasarnya, Toyota Rumion memiliki kelengkapan fitur yang sama dengan Suzuki Ertiga, namun ada dua fitur yang berbeda.

Ertiga hanya mendapatkan sistem speaker yang disetel oleh Arkamys dan Android Auto dan Apple CarPlay nirkabel pada trim tertinggi atau ZXi+ (spesifikasi India), sementara Rumion mendapatkannya pada dua trim teratas yakni G dan V.

Kendati demikian, Rumion tidak dibekali soket 12V untuk baris ketiga, seperti yang dimiliki oleh Ertiga.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com