Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Jaya Utama Luncurkan Bus Baru Pakai Sasis Hino

Kompas.com - 07/09/2023, 14:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otobus (POJaya Utama Indo memperkenalkan bus terbaru untuk memperkuat layanan bus AKAP.

PO yang punya nama beken pelari jalur Pantura tersebut meluncurkan bus baru rakitan Karoseri Tentrem. Nantinya bus akan digunakan untuk layanan bus ekonomi trayek Surabaya - Tuban - Semarang.

Bus masih mengadopsi desain khas sebelumnya yakni berkelir biru, namun kini menggunakan bodi Max Facelift. Visual bus makin gahar dengan model Aluminium Body Panel pada bodi bus.

Baca juga: Iring-iringan Mobil Pengawal Wapres AS, Pakai Chevrolet Suburban

Bodi Max Facelift sendiri punya ciri khas lampu depan yang bergaya seperti mobil modern, di mana lampu sein dan utama dipasang menumpuk. Kemudian pada bagian belakang juga sudah dilengkapi dengan lampu kombinasi terbaru.

Tampilan bodi Max Facelift yang agresif makin kuat dengan bagian fasia yang hadir dengan model double glass. Aksen bando pada bagian kaca depan bus yang berukuran tipis tetap menambah daya tarik bus. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jaya Utama Indo (@jayautama.indo)

 

Sementara itu, bus digendong oleh sasis Hino AK 240 Euro4. Sasis bus andalah Hino ini sudah langganan digunakan untuk bus-bus kelas ekonomi di Indonesia.

Mesin sasis tersebut punya tenaga 240 PS  dan torsi 715 Nm di rpm 1.500. Kemudian di sektor pengereman, AK 240 kini sudah menggunakan model Full Air Brake (FAB) yang lebih aman. 

Baca juga: Sebelum Motor Salip Kendaraan Lain, Selalu Periksa Kondisi Belakang

Pada bagian interior bus tetap dilengkapi dengan AC guna menambah kenyamanan penumpang. Kursi penumpang menggunakan konfigurasi 3-2 buatan Rimba Kencana untuk perjalanan yang lebih menyenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com