Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Absen di GP San Marino, Alex Rins Digantikan Takumi Takahashi

Kompas.com - 07/09/2023, 11:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap LCR Honda Alex Rins masih harus melewatkan seri ke-12 MotoGP 2023 yang akan digelar di Sirkuit Marco Simoncelli, Misano, pada Minggu (10/9/2023).

Rins masih harus menjalani pemulihan akibat patah kaki yang dideritanya usai mengalami kecelakaan di MotoGP Italia, Juni lalu.

Pada tiga seri sebelumnya, Rins digantikan oleh Iker Lecuona. Namun, Lecuona akan balapan di WorldSBK di Magny-Cours akhir pekan ini, sehingga Honda harus mencari pebalap pengganti lainnya.

Baca juga: Awas, Membeli STNK dan BPKB Ilegal Bisa Kena Pidana

LCR Honda pun menunjuk pebalap veteran Jepang Takumi Takahashi, yang sempat menyumbang kemenangan untuk Honda di Suzuka 8 Hours bulan lalu.

“Takumi Takahashi akan menggantikan Alex Rins di Grand Prix San Marino. Pemenang Suzuka 8 Hours dan pebalap HRC, Takumi Takahashi, akan berpartisipasi akhir pekan ini di Grand Prix San Marino, menggantikan pebalap LCR Honda CASTROL, Alex Rins, yang masih dalam masa pemulihan,” tulis keterangan resmi LCR Team melalui akun Twitter, Rabu (6/9/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TAKUMI TAKAHASHI (@takumi__takahashi)

Takahashi akan membalap di MotoGP untuk pertama kalinya sejak 2015, ketika ia menjadi pebalap wildcard di Jepang. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Takahashi mengingat Honda saat ini sedang berada di titik terendah.

Pada balapan MotoGP Catalunya pekan lalu misalnya, tidak ada satupun rider Honda yang berhasil menembus 10 besar. Marc Marquez finis di posisi ke-13, sementara Joan Mir berada di urutan 17. Adapun Takaaki Nakagami yang menjadi rekan setim Rins, finis di urutan 15.

Seperti diketahui, hari-hari Rins di Honda akan segera berakhir. Pebalap berusia 27 tahun itu memastikan akan pindah ke Monster Energy Yamaha untuk MotoGP musim 2024. Pebalap tim satelit LCR Honda itu memutuskan kontrak lebih cepat karena ditawari tim pabrikan.

Baca juga: Awas, Membeli STNK dan BPKB Ilegal Bisa Kena Pidana

Kehadiran Rins menggusur Franco Morbidelli yang memang sejak awal musim sudah diwanti-wanti oleh Yamaha. Performa runner up MotoGP 2020 itu terus merosot sejak musim lalu karena cedera kaki.

Sementara posisi Alex Rins bakal digantikan oleh Johann Zarco. Rider Pramac Racing itu memutuskan untuk membela tim satelit Jepang, salah satu penyebabnya disinyalir lantaran tidak adanya kepastian dari tim Ducati, di mana Zarco hanya mendapat opsi perpanjangan satu tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com