Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Motor Listrik di Bawah Rp 10 Juta, Exotic Sterrato Vs Unite MX 1200

Kompas.com - 06/09/2023, 13:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia memperluas penerima subsidi kendaraan listrik roda dua. Kini, setiap satu NIK berhak mendapatkan subsidi sebesar Rp 7 juta kalau beli motor listrik.

Pada laman Sisapira, terdapat beberapa produk motor listrik yang harganya sudah disubsidi. Paling menarik, ada Exotic Sterrato yang dijual Rp 5 jutaan dan United MX 1200 dengan banderol Rp 8 jutaan.

Pada tulisan kali ini, redaksi Kompas.com akan membandingkan kedua motor tersebut. Komparasi dilakukan dari segi desain sampai ke spesifikasinya.

Baca juga: Tampilan Motor Listrik Ducati Buat MotoE, Pakai Livery Spesial

Exotic bike memajang tiga motor listrik murah di GIIAS 2022.Exotic bike memajang tiga motor listrik murah di GIIAS 2022. Exotic bike memajang tiga motor listrik murah di GIIAS 2022.

Soal harga, Sterrato dibanderol Rp 5.590.000, sedangkan MX 1200 harganya Rp 8.800.000. Uniknya, kedua motor ini dari perusahaan sepeda di Indonesia, yaitu Sterrato dari Pacific dan MX 1200 dari United.

Kalau bahas tampilan, kedua motor punya pendekatan yang berbeda. Sterrato desainnya modern dan simpel, seperti kebanyakan motor listrik. Sedangkan MX 1200 masih membawa aura skuter konvensional.

Untuk baterai, Sterrato pakai kapasitas 60V 20,2 Ah, terhubung ke dinamo dengan tenaga 800 W. Hasilnya, motor listrik ini bisa melaju sejauh 50 kpj dan bisa menempuh jarak lebih kurang 55 km.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas Rp 50 Jutaan, Dapat Avanza sampai CR-V

Sedangkan untuk MX 1200, baterainya 72V 60Ah, dihubungkan ke motor listrik 1.200 W. Kecepatan puncaknya ada di 65 kpj dan punya daya jelajah sejauh 80 km.

Keduanya punya mode berkendara, seperti di Sterrato namanya Eco, Normal, dan Sport. Sedangkan di MX 1200, cuma dibilang 1, 2, 3, dan ada gigi mundur.

Lalu di bagian kaki-kaki, sayangnya, untuk Sterrato masih mengandalkan tromol di depan dan belakang. Sedangkan MX 1200 sudah cakram di bagian depan, belakangnya masih tromol.

Sisanya, kedua motor hampir menawarkan hal yang sama, seperti instrumen full digital sampai tempat penyimpanan yang lega di bawah jok. Sterrato bisa dibilang punya keunggulan karena ada USB port untuk isi daya telepon genggam.

Keduanya jadi pilihan menarik motor listrik murah. Jadi, mau beli Sterrato yang fitur lumayan melimpah atau MX 1200 yang performanya lebih baik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com