Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Sebut Subsidi Pertalite Akan Dialihkan ke Orang, Bukan Barang

Kompas.com - 02/09/2023, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) pada rapat bersama Komisi VII DPR RI, mengusulkan untuk menghapus Pertalite dan menggantinya dengan Pertamax Green 92. Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyebutkan subsidinya akan diberikan langsung kepada orang yang berhak.

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, bahan bakar minyak (BBM) subsidiakan dinaikkan dari RON 90 ke RON 92. Sebab, aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyatakan minimal nilai oktan yang boleh dijual di Indonesia adalah RON 91.

Baca juga: Pertamina Berencana Hapus Pertalite, Ganti Subsidi Pertamax

"Pada 2024, kami akan mengeluarkan lagi, Pertamax Green 92. Sebenarnya, ini Pertalite kita campur dengan etanol. Naik oktannya, dari 90 menjadi 92," ujar Nicke, dalam rapat bersama Komisi VII DPR RI, Rabu (30/8/2023).

Wapres Ma'ruf Amin menyikapi rencana penghapusan BBM jenis Pertalite di Bangkalan, Jawa Timur Kamis (31/8/2023) dengan memperbaiki subsidi yang akan diberikan kepada masyarakat. Subsidi diberikan langsung bukan berupa barang seperti saat ini.KOMPAS.COM/TAUFIQURRAHMAN Wapres Ma'ruf Amin menyikapi rencana penghapusan BBM jenis Pertalite di Bangkalan, Jawa Timur Kamis (31/8/2023) dengan memperbaiki subsidi yang akan diberikan kepada masyarakat. Subsidi diberikan langsung bukan berupa barang seperti saat ini.

Dalam kesempatan yang terpisah, Ma'ruf Amin juga memberikan tanggapannya terkait usulan Pertamina yang ingin menghapuskan Pertalite. Menurutnya, saat ini pemerintah sedang memikirkan bagaimana caranya agar tidak terus memberikan subsidi kepada jenis BBM tersebut.

"Jadi, sedang dipikirkan supaya tidak terus mensubsidi. Tapi, subsidi itu diberikan kepada orangnya, tidak kepada komoditi atau barangnya. Jadi, mengubah pola pemberian subsidi," ujar Ma'ruf, kepada wartawan, saat kunjungannya ke Bangkalan, Jawa Timur, Kamis (31/8/2023), dikutip dari akun YouTube Wakil Presiden RI.

Baca juga: Mengenal Pertamax Green 92 yang Bakal Gantikan Pertalite Tahun Depan

Ma'ruf menambahkan, jika subsisi diberikan kepada komoditas, kepada barangnya, yang menikmati justru bukan masyarakat yang berhak.

Pertamina resmi merilis BBM Pertamax Green 95Dok. Pertamina Pertamina resmi merilis BBM Pertamax Green 95

"Sebenarnya, untuk mengalihkan itu, seperti itu, nanti subsidi itu akan diberikan pada orang, bukan pada barang," kata Ma'ruf.

Untuk diketahui, rencana Pertamina tersebut masih berupa usulan. Nantinya, pemerintah yang akan tetap mengambil keputusan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com