Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seres E1 Garansi Baterai 8 Tahun, Rusak karena Banjir Juga Dicover

Kompas.com - 28/08/2023, 14:01 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Mobil listrik mungil Seres E1 telah diluncurkan dengan harga mulai dari Rp 189 juta. Untuk menggaet minat konsumen, PT Sokonindo Automobile memberikan beberapa penawaran tambahan.

Salah satunya berupa pemberian garansi baterai selama 8 tahun, untuk segala jenis kerusakan yang bersifat defektif alias kesalahan saat produksi.

Seres mengklaim jika garansi tersebut juga memiliki spektrum yang luas, dan berlaku pula pada kejadian-kejadian di luar perkiraan, seperti misalnya banjir.

Baca juga: Warga Jateng Kini Bisa Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Daring

Baterai mobil listrik Seres E1Kompas.com/Daafa Alhaqqy Baterai mobil listrik Seres E1

Achmad Rofiqi, PR and Media Manager PT Sokonindo Automobile menjelaskan, banjir dianggap sebagai force majeure alias bencana alam yang tidak bisa diprediksi.

“Kalau memang ditemukan baterai rusak karena banjir dan belum delapan tahun (masih masa garansi), itu bisa dicover,” ujarnya kepada Kompas.com di Tangerang, pekan lalu.

Namun Rofiqi juga menggarisbawahi poin penting perihal garansi itu, di mana mobil harus ada di posisi stasioner alias tidak digunakan saat banjir.

Baca juga: Tren Beli Head Unit Android Murah di Lokapasar, Ada Risikonya

Test drive mobil listrik murah Baru, Seres E1, di GIIAS 2023Kompas.com/Daafa Alhaqqy Test drive mobil listrik murah Baru, Seres E1, di GIIAS 2023

“Jadi posisinya bukan konsumen yang menerobos, misalnya banjir yang tingginya satu meter. Kalau ini dianggapnya kelalaian, kesalahan konsumen,” ucapnya.

Dia menambahkan, Seres E1 sejatinya aman-aman saja digunakan menembus banjir dengan ketinggian wajar, sekitar 60 sentimeter.

Baterai mobil listrik ini berjenis lithium Ion Phosphate (li Pho), dengan kapasitas 13.800 watt hour dan dilengkapi standardisasi IP67, dengan perlindungan cukup baik untuk air dan debu.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com