Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komponen ini Gantikan Throttle pada Motor Listrik

Kompas.com - 23/08/2023, 14:12 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Motor listrik mulai banyak dijual di pasaran membuat semua pihak perlu mempelajari teknologi baru yang ada.

Meski baru, sebenarnya motor listrik mengandalkan komponen yang kerap dijumpai. Konstruksi dapur pacu pada motor pun berubah seperti dinamo menggantikan mesin bakar dan seterusnya.

Meski sudah mengandalkan baterai dan dinamo, motor listrik juga masih mengadopsi beberapa komponen mekanikal seperti tuas gas.

Padahal, dinamo tidak lagi melibatkan throttle sebagai pengatur banyak sedikitnya udara yang masuk ke ruang bakar.

Baca juga: Motor Listrik Alva Kantongi Pendanaan hingga Rp 760 Miliar

Throttle pada motor listrik menggunakan prinsip kerja dari variable resistorKompas.com/Erwin Setiawan Throttle pada motor listrik menggunakan prinsip kerja dari variable resistor

Arif Staff Manufaktur Motor Listrik PLN mengatakan, motor listrik memang tidak lagi membutuhkan throttle atau katup pengatur volume udara yang masuk ke ruang bakar karena memang tidak lagi menggunakan mesin yang sama.

“Tuas gas pada motor listrik sebenarnya hanya tuas pengatur besar kecilnya daya listrik yang bakal diteruskan ke dinamo,” ucap Arif kepada Kompas.com, belum lama ini.

Arif menjelaskan, tuas gas tersebut tersambung dengan kabel atau kawat yang akan menarik perangkat elektronik sejenis tahanan atau variable resistor sebelum menuju controller.

Baca juga: AHM Mengaku Dapat 1.251 SPK di GIIAS 2023, Termasuk 25 Motor Listrik

Tahanan itu bertugas memberikan informasi ke controller bahwa permintaan pengguna membutuhkan tenaga motor listrik yang pelan, sedang atau kencang.

“Sedangkan komponen pengolah atau otaknya adalah controller, dia akan memperhitungkan dengan matang berapa daya listrik dari baterai yang akan menggerakkan dinamo, itu menentukan kecepatan motor listrik,” ucap Arif.

Motor listrik modifikasi bergaya Harley Davidson Soofttail dengan ape hanger handlebarMangosteen Scooter Motor listrik modifikasi bergaya Harley Davidson Soofttail dengan ape hanger handlebar

Nah, ternyata tuas gas yang ada pada motor listrik tidak lagi berfungsi untuk memainkan throttle tapi variable resistor yang akan menghasilkan tegangan listrik berubah-ubah sesuai kebutuhan pengendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com