Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Klaim Konsumsi BBM All New CR-V Hybrid Bisa Seirit Brio

Kompas.com - 18/08/2023, 13:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi memasarkan mobil hybrid dengan menghadirkan All New CR-V Hybrid. SUV ini disebutkan memiliki konsumsi BBM setara dengan Brio.

All New CR-V Hybrid dibekali dengan mesin 2.0 L direct-injected 4-Cylinder Atkinson cycle DOHC. Mesinnya dikombinasikan dengan Electric Continuously Variable Transmission (E-CVT) dan baterai lithium-ion dengan kapasitas 1,06 kWh.

Baca juga: Sepekan Meluncur, Pemesanan All New Honda CR-V Tembus 840 Unit

Sistem e:HEV bekerja dalam 3 Driving System yang terdiri dari EV Mode, Hybrid Mode dan Engine Mode yang secara otomatis akan berganti sesuai dengan kondisi jalan, pengendaraan, beban mesin dan cara mengendarai kendaraan.

All New Honda CR-V HybridDok. HPM All New Honda CR-V Hybrid

Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM, mengatakan, pihaknya belum melakukan test drive untuk saat ini. Namun, sudah ada hasil pengetesan dari Balai Pengujian Laik Jalan & Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB).

"Kita belum lakukan test drive, nanti kita akan lakukan. Tapi, saya kan punya data hasil pengujian di balai. Setiap mobil kami kan melakukan pengetesan, ada sertifikasi untuk dapat laik jalan," ujar Billy, kepada wartawan, saat ditemui di booth Honda pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, belum lama ini.

Baca juga: Mengenal Teknologi Honda Connect yang Ada di All New CR-V

"Kalau saya lihat, hasilnya sih setara dengan Brio. Tapi, saya yakin kalau dipakai di lapangan, pasti bisa lebih irit, karena banyak kemacetan," kata Billy.

All New Honda CR-V e:HEV alias All New CR-V HybridKompas.com/Adityo All New Honda CR-V e:HEV alias All New CR-V Hybrid

Billy menambahkan, saat di kemacetan, dengan teknologi e:HEV yang sekarang maka penggunaan motor listriknya lebih dominan. Selain itu, baterai yang digunakan juga sudah lithium-ion, sehingga pengisiannya cepat.

Pengetesan di BPLJSKB menggunakan metode UNR101. Jika dilakukan pengetesan secara riil, maka konsumsi BBM yang dihasilkan bisa saja lebih irit.

All New CR-V Hybrid diimpor secara utuh dari Thailand. Dikutip dari Honda.co.th, Jumat (18/8/2023), SUV hybrid ini diklaim memiliki konsumsi BBM sebesar 20,8 kilometer per liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com