Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Mobil Listrik Murah untuk Pejabat Pemprov DKI, mulai Rp 188 Juta

Kompas.com - 21/08/2023, 15:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rendahnya kualitas udara di Ibu Kota menjadi topik yang tengah disoroti Pemprov DKI Jakarta, dalam kurun waktu beberapa hari terakhir.

Berdasarkan indeks data IQ Air, polusi tinggi mengakibatkan kualitas udara Jakarta di angka 110 dan masuk kategori "tidak sehat”, pada Jumat (18/8/2023).

Menyikapi hal tersebut, Pejabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, mengambil langkah preventif dengan harapan mampu menekan emisi gas karbon.

Keputusan yang diambil yakni mewajibkan pejabat eselon 4 ke atas di lingkup Pemprov untuk menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB).

Baca juga: Gaikindo Dukung Pemberian Insentif untuk Mobil Hybrid

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menjalani evaluasi kinerja di Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kamis (10/8/2023).KOMPAS.com/Muhammad Isa Bustomi Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menjalani evaluasi kinerja di Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kamis (10/8/2023).

Informasi ini disampaikan Budi usai mengikuti rapat dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan untuk membahas masalah kualitas udara Jakarta yang buruk, Jumat (18/8/2023).

“Kalau saya nanti pegawai DKI eselon 4 ke atas harus menggunakan kendaraan listrik, minimal motor listrik," ucap Heru, dikutip dari Kompas.com, Senin (21/8/2023).

Heru sendiri tidak meembatasi opsi dan pilihan model, intinya adalah pejabat bebas menggunakan model atau merek apapun, selama itu merupakan mobil listrik.

Baca juga: Cerita Wika Salim Gagal Beli Mobil Listrik, Efek Inden Terlalu lama

Convoy Wuling Air ev Wuling Convoy Wuling Air ev

Kabar baiknya, saat ini persebaran mobil listrik di Indonesia sudah cukup beragam dan banyak opsinya, lantaran banyak merek telah meluncurkan model-model baru.

Mobil listrik bahkan sudah menyasar segmen kendaraan dengan harga terjangkau, untuk menyasar semua lapisan masyarakat.

Sebagai referensi, berikut adalah daftar beberapa mobil listrik murah dengan harga di bawah Rp 500 juta, yang bisa dipertimbangkan pejabat eselon 4.

Baca juga: Baru Meluncur, New MG ZS EV Diklaim Laku 256 Unit

Deretan mobil listrik Wuling Air ev dipamerkan di GIIAS 2023Dok. Wuling Deretan mobil listrik Wuling Air ev dipamerkan di GIIAS 2023

1. Wuling Air EV (mulai Rp 188 juta)

Mobil listrik pertama sudah punya tren popularitas yang baik, hal yang wajar jika mengingat Wuling Air EV sudah diperkenalkan sejak tahun lalu.

Pada GIIAS 2023, Wuling meluncurkan varian baru bernama Air EV Lite, dengan kapasitas baterai yang lebih rendah, namun harga jauh lebih murah

Baterai yang digunakan berjenis Lithium Ferro-Phosphate (LFP) berkapasitas 18.000 Wh, dengan klaim daya jelajah hingga 200 kilometer, dikawinkan dengan daya dinamo sebesar 30.000 watt.

Wuling Air EV Lite dibanderol sekitar Rp 188,9 juta untuk OTR DKI Jakarta. Pihak Wuling juga menjanjikan jika mobil listrik ini tidak akan inden.

Baca juga: Daftar Motor Listrik Bekas, Selis Agats mulai Rp 5 Jutaan

Test drive mobil listrik murah Baru, Seres E1, di GIIAS 2023\" data-caption-en= Kompas.com/Daafa Alhaqqy Test drive mobil listrik murah Baru, Seres E1, di GIIAS 2023\" data-caption-en=

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com