Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Bus Terfavorit Pengujung GIIAS 2023

Kompas.com - 17/08/2023, 06:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Beberapa karoseri Indonesia turut meramaikan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 selama 10-20 Agustus 2023. Mulai dari Adiputro, Laksana hingga Tentrem, ketiga karoseri tersebut membawa deretan bus dengan keunggulan masing-masing.

Bahkan, beberapa bus tersebut menjadi yang paling digandrungi atau menjadi favorit para pengunjung GIIAS 2023.

Berdasarkan pantauan langsung Kompas.com di lapangan, berikut  bus terfavorit di GIIAS 2023 :

1. Avante Grand Captain

Avante H9 Grand Captain milik karoseri Tentrem di GIIAS 2023KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Avante H9 Grand Captain milik karoseri Tentrem di GIIAS 2023

Ada dua unit bus yang menggunakan balutan bodi varian terbaru dari Avante series tersebut. Pertama, Avante H9 Grand Captain dan H8 Grand Captain. Kedua, bus baru telah dibeli oleh perusahaan otobus (PO) Mtrans untuk layanan bus AKAP.

Yohan Wahyudi, Managing Director Karoseri Tentrem, mengatakan, bodi Grand Captain punya konsep mengusung kembali ke best view experience. Maka dari itu Grand Captain dibuat agar posisi bangku paling depan yang ada di atas sopir itu adalah posisi paling nyaman.

"Dari hari pertama hingga hari ketujuh, Grand Captain jadi yang paling banyak ditanyakan dan juga pengujung yang masuk ke kabin bus. Banyak yang komentar konsep bus ini untuk lantaran ada dua kursi diatas kursi sopir," kata Sales Staff Karoseri Tentrem Dimas Raditya kepada Kompas.com, Rabu (16/8/2023). 

Baca juga: Pilihan Coolant Radiator Baru di GIIAS 2023

2. Legacy SR3 Double Decker Ultimate

Laksana luncurkan Legacy SR3 Double Decker dan Tourista SR3KOMPAS.com/JANLIKA Laksana luncurkan Legacy SR3 Double Decker dan Tourista SR3

Bus tingkat dengan bodi Legacy SR3 Double Decker Ultimate menjadi yang paling banyak dimininati di booth Karoseri Laksana. Banyak pengujung yang datang ke GIIAS 2023 hanya untuk merasakan menjajal bagian kabin dari bus milik  PO Harapan jaya dan Rosalia Indah tersebut. 

" Bus yang selalu ramai itu bus baru model double decker kita. Tidak hanya masyarakat  dari Jabodetabek, banyak juga yang dari daerah lain datang untuk melihat bus tersebut di GIIAS 2023.  Banyak juga pengujung yang datang dengan anak- anak," kata Lazuardi, sales respresentatif Karoseri Laksana kepada Kompas.com.

Baca juga: Pilihan Coolant Radiator Baru di GIIAS 2023

3. SHD Single Glass Jetbus 5

Bodi bus SHD Single Glass Jetbus 5 KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bodi bus SHD Single Glass Jetbus 5

Bus yang paling populer dan menjadi favorit pengunjung berikut adalah SHD Single Glass Jetbus 5 dari booth Karoseri Adiputro. Bus tersebut merupakan unit pertama dari bodi Jetbus 5 yang diumumkan siapa nama pemiliknya.

Setelah tampang dari bodi terbaru Adiputro tersbeut dirahasiakan, banyak para pencinta bus yang penasaran dengan bus tersebut dan ingin masuk ke dalamnya. 

"Kalau di booth Adiputro itu yang selalu ramai dikujungi itu bus SHD Single Glass Jetbus 5 milik PO SAN. Bus selalu ramai pengujung untuk berfoto-foto atau membuat konten," kata Jimny, sales marketing Karoseri Adiputro kepada Kompas.com.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com