Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Sistem Audio Yamaha, Andalan Mitsubishi XForce

Kompas.com - 13/08/2023, 10:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia baru saja meluncurkan SUV terbarunya, yakni Mitsubishi XForce di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Mobil yang menjadi penantang dari Hyundai Creta dan Honda HR-V hadir dengan dua varian, yakni Exceed yang dibanderol Rp 382,5 juta, dan Ultimate Rp 419,1 juta.

Tak hanya dibekali dengan desain eksterior dan interior yang modern, SUV baru dari Mitsubishi tersebut sudah disematkan kualitas audio yang optimal berkat Dynamic Sound Yamaha Premium.

Baca juga: Ulas Bodi Bus Baru Avante Grand Captain Karoseri Tentrem

Hiroshi Sugiyama, Chief Technology Engineer Mitsubishi Motors Corporation mengatakan, audio yang diciptakan pada XForce kali ini setara atau bahkan lebih baik dari audio premium.

“Apa yang saya ingin perhatikan khususnya adalah kejernihan dan tingginya rentang frekuensi tinggi. Kejernihan mengacu pada kejelasan dan reproduksibilitas,” ucap Sugiyama, Jumat (11/8/2023).

Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023

Sugiyama melanjutkan, sebelum XForce diluncurkan pihaknya telah melakukan beberapa penyetelan untuk meningkatkan kualitas suara dan mengatasi kebisingan yang masuk ke kabin saat berkendara.

“Kami memperhatikan sisi kendaraan yang akan mengintegrasikannya. Misalnya, kekokohan panel pintu tempat speaker dipasang. Jika permukaan tempat speaker dipasang goyah, suara yang solid tidak akan dihasilkan,” kata Sugiyama.

Untuk diketahui, Dynamic Sound Yamaha sistem ini terdiri dari delapan speaker, dengan tweeter depan di pilar A pada kedua sisi, woofer di pintu depan, dan speaker coaxial dua arah di pintu belakang.

Dengan volume dan kualitas suara yang disesuaikan dengan kecepatan kendaraan, penumpang dapat menikmati mid dan high yang terdefinisi dengan baik dan bass yang dinamis, bahkan di jalan yang kasar.

Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023

Selain itu, guna menghasilkan pengalaman berkendara yang lebih maksimal, sound system juga menawarkan empat tipe suara yang dapat dipilih sesuai dengan selera musik dan suasana hati, Lively, Signature, Powerful, dan Relaxing.

Pertama Livery, tipe suara ini direkomendasikan oleh Mitsubishi karena bisa membangkitkan semangat tidak peduli bagaimana suasana hati.

Kedua ada signature, meningkatkan frekuensi rendah dan tinggi. Tipe ini disetel oleh Yamaha, dengan niat untuk menyoroti suara halus alat musik dan vokal. Saat pengemudi ingin berkonsentrasi mendengarkan musik instrumental.

Baca juga: Mitsubishi Berencana Melengkapi Fitur ADAS pada XForce

Ketiga, ada powerful, meningkatkan frekuensi rendah dan sedikit membatasi frekuensi tinggi. Saat pengemudi ingin mendengar suara kuat, mendengarkan dengan tipe ini pasti akan membawa kepercayaan diri.

Terakhir ada Relaxing, yang bisa meredam frekuensi rendah yang kuat dan frekuensi tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com