Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Gadis Usher GIIAS 2023 yang Sudah Tidak Pakai Masker, Ada Enak dan Enggaknya

Kompas.com - 14/08/2023, 13:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Tak lengkap rasanya pameran mobil tanpa menampilkan wanita cantik sebagai usher. Selain sebagai pemanis, usher bertugas untuk memberikan informasi produk baru buat calon konsumen.

Tahun ini para usher di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 sudah tidak memakai masker, karena pemerintah sudah mencabut status pandemi Covid-19 yang mulai diberlakukan pada 2020.

Baca juga: Komparasi Vespa Elettrica dengan Primavera, Apa Saja Bedanya?

Deslin, usher Mazda mengatakan, sebetulnya ada plus dan minus saat berjaga memakai masker.



Usher Mitsubishi Fuso, Jeje di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023
KOMPAS.com/Gilang Usher Mitsubishi Fuso, Jeje di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023

"Pengalaman aku waktu jadi usher pakai masker ada plus dan minusnya," ujar Deslin kepada Kompas.com, Senin (14/8/2023).

"Plusnya aku make up cuma fokus di mata saja, kalau bawahnya tidak pakai make up tidak ketahuan. Terus kita kan kalau ngantuk mau nguap mesti menengok ke belakang tapi kalau pakai masker nguap lebih mudah," kata dia.

Adapun minusnya, perempuan 24 tahun yang pernah merasakan menjadi usher mobil pada pameran 2021 itu mengatakan, minusnya ialah cepat lelah karena pernapasan terhalang masker.

Baca juga: Banyak Merek Mobil China Masuk Indonesia merupakan Tren Global


Deslin, usher Mazda di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023KOMPAS.com/Gilang Deslin, usher Mazda di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023

"Minusnya jadi tidak bisa kelihatan senyumnya sedangkan usher yang dijual itu senyumnya. Jadi kami harus belajar senyum pakai mata. Itu agak sulit kalau yang tidak terbiasa," kata Deslin.

"Kemudian kalau berdiri lebih capek. Jadi kalau pakai masker jadi lebih capek gampang pusing," katanya.

"Kalau sekarang enaknya napas lebih lega, terus kalau senyum konsumen tahu sudah keliatan. Minusnya kalau menguap kita harus ngumpet terus kalau lagi ada yang nyangkut di gigi kita harus nutupin dulu," kata Deslin.

Deslin mengatakan, sejujurnya dia masih sedikit khawatir mengenai virus Covid-19.

Baca juga: Dasbor XForce Disebut Mirip Stargazer, Ini Kata Mitsubishi

Booth Chery di GIIAS 2023Kompas.com/Donny Booth Chery di GIIAS 2023

"Lumayan soalnya badan saya itu agak sedikit lemah jadi takutnya masih ada virus. Trik saya cuma banyakin vitamin saja. Kebetulan juga konsumen yang bicara sama saya juga agak jaga jarak mungkin ketemunya yang sama-sama takut kali ya," ujar dia.

Adapun usher Mitsubishi Fuso, Jeje (20 tahun), yang baru pertama kali menjadi usher mengatakan sudah tidak takut dengan virus Covid-19.

"Covid-19 sudah tidak takut karena sudah seperti flu biasa. . Saya juga sudah vaksin tiga kali. Tahun ini pertama kali jaga tidak pakai masker, tahun sebelumnya kan jarang event kalau ada juga pakai masker," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com