Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Jadi Kartu AS Chery Bersaing di Pasar Nasional

Kompas.com - 14/08/2023, 11:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Baru kembali ke Indonesia dalam satu tahun belakangan, pabrikan otomotif asal China, Chery, berhasil menduduki posisi ke-12 sebagai merek mobil terlaris nasional sepanjang Januari-Juni 2023 (data Gaikindo).

Kondisi tersebut semakin mengesankan, mengingat Chery memiliki rekam jejak yang tak baik di Indonesia karena dua kali hengkang dari Indonesia pada 2011 dan 2023 lalu.

Kali ini, dengan strategi berbeda yang berada di bawah naungan Chery global langsung pabrikan yakin bisa memberikan sekaligus menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat di dalam negeri.

Baca juga: Dipasarkan Selama di GIIAS 2023, MG ZS XPower Hanya Tersedia 100 Unit

Chery Omoda 5 EVDok. CSI Chery Omoda 5 EV

Presiden Direktur PT Chery Sales Indonesia (CSI) Shawn Xu mengungkapkan, salah satu strategi untuk bisa bersaing dan mendominasi pasar nasional ialah dengan kehadiran kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

"Jika berbicara tentang kendaraan ICE (internal combustion engine), passanger car, kita sudah mampu melewati beberapa merek. Sekarang, kita sedang mempersiapkan untuk menjual EV," katanya kepada beberapa wartawan di Tangerang, Jumat (12/8/2023).

"Saya pikir EV kami ini, berdasarkan survei internal yang dilakukan, cukup positif baik di sisi eksterior sampai interior. Jadi kita percaya diri bahwa kendaraan listrik kami melalui produk pertamanya yaitu Omoda 5 EV, bisa mendobrak pasar," tambah Shawn.

Apalagi, industri kendaraan listrik di Indonesia masih sangat baru sehingga peluangnya begitu besar dibanding industri mobil ICE yang sudah berusia 50 tahunan.

Baca juga: Wuling Belum Mau Luncurkan Baojun Yep, SUV Listrik Mirip Jimny

Mobil listrik Chery Omoda 5 EV atau Omoda EV akan dipamerkan di GIIAS 2023Kompas.com/Adityo Mobil listrik Chery Omoda 5 EV atau Omoda EV akan dipamerkan di GIIAS 2023

Atas dasar itu, Chery percaya diri mengeluarkan investasi besar senilai 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 14,9 triliun untuk periode 2022-2028.

Realisasi dari komitmen itu akan dibagi beberapa tahap, mulai dari penciptaan fasilitas pabrik perakitan, meningkatkan jumlah produksi, pembuatan riset dan pengembangan, hingga pengembangan produk.

"Sekarang kita sedang mempersiapkan launching Omoda 5 EV pada akhir tahun ini atau awal tahun depan," kata Shawn.

"Jika nanti kita combine antara penjualan ICE dan EV, saya rasa kisa melampaui lebih banyak brand lain," ucapnya lagi.

Di samping itu, Chery juga bertekad untuk terus menambah network di berbagai wilayah Indonesia guna meningkatkan layanan purna jual dan lebih dekat dengan masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com