Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Keunikan Vespa Elettrica di Indonesia

Kompas.com - 14/08/2023, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada GIIAS 2023, Piaggio Indonesia resmi meluncurkan Vespa Elettrica. Skuter legendaris itu sekarang punya versi listrik, banderol Rp 198 juta.

Secara model, Vespa Elettrica bentuknya seperti Primavera, cuma ada detail warna biru yang mengelilingi bodi. Lalu, bedanya lagi di sisi kanan sudah tidak ada silincer knalpot, jadi pelek Vespa Elettrica jadi terekspos.

Marco Noto La Diega, Managing Director and Country CEO of PT Piaggio Indonesia mengatakan, Piaggio Indonesia dengan bangga mempersembahkan Elettrica, ikon skuter asal Italia yang kini ada versi listrik. 

Baca juga: Vespa Sprint S 150 Dapat Penyegaran, Harga Tembus Rp 60 Jutaan

Vespa Elettrica di GIIAS 2023Kompas.com/Fathan Vespa Elettrica di GIIAS 2023

"Vespa Elettrica memang ideal bagi pelanggan yang menghargai perpaduan mobilitas kontemporer ramah lingkungan dengan gaya hidup premium ala Italia," ucapnya dalam siaran resmi yang Kompas.com dapatkan belum lama ini.

Soal spesifikasi, Elettrica punya kecepatan maksimum 67 Kpj dan jarak tempuh 100 Km kalau di mode Eco. Tapi kalau dipasang di mode Power, jarak tempuhnya jadi sekitar 70 Km.

Uniknya, Elettrica dilengkapi dengan Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang memungkinkan mengisi ulang baterai selama fase perlambatan kecepatan saat berkendara alias sistem regeneratif. 

Baca juga: Wuling Belum Mau Luncurkan Baojun Yep, SUV Listrik Mirip Jimny

Vespa Elettrica di GIIAS 2023Kompas.com/Fathan Vespa Elettrica di GIIAS 2023

Keunikan lainnya, kalau mau mengecas tak perlu keluarkan adaptor dari bagasi. Tapi cukup tarik kabel dari kompartemen di bawah jok dan langsung colok kalau betemu stop kontak. Lama pengisian baterai bisa empat jam sampai delapan jam, tergantung kondisi sekitar dan suhu baterai.

Soal dinamo, tenaga yang dihasilkan sekitar 3,6 kW atau setara 4,8 TK dan torsi 200 Nm. Jadi bisa merasakan tarikan langsung 200 Nm ketika gas diputar dan tanpa suara.

Elettrica dijual dengan harga Rp 198 juta dan di tahap pengenalan, bisa mendapatkan aksesori Vespa seperti Topbox khusus, Helm Vespa Genuine VJ Special Edition Elettrica, dan penutup kendaraan khusus Vespa Elettrica. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com