Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Kenyamanan Kabin 2 MPV Mewah, Toyota Alphard dan Maxus Mifa 9

Kompas.com - 14/08/2023, 11:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


TANGERANG, KOMPAS.com - All New Toyota Alphard dan Maxus Mifa 9 resmi meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Kedua mobil ini beda jantung penggerak tapi bermain di level yang sama yaitu MPV mewah.

Alphard baru punya dua pilihan mesin yaitu bensin dan hybrid dengan harga versi paling murah mulai Rp 1,35 miliar sedangkan hybrid Rp 1,6 miliar. Adapun Mifa 9 yang berdarah Tiongkok dibanderol Rp 1,4 miliar.

Baca juga: Truk Mitsubishi Fuso Canter Klasik Mejeng di GIIAS 2023

Sebelumnya Kompas.com sudah mengulas mengenai desain kedua mobil ini, maka sekarang akan membahas interior. Sebab kabin mewah merupakan "jualan utama" MPV di kelas ini yang diisi kaum berkantung tebal.

Toyota Alphard HEV GIIASKOMPAS.com/ADITYO WISNU Toyota Alphard HEV GIIAS

Masuk kabin Alphard baru terutama di baris kedua, MPV Mewah Toyota ini tidak menggunakan sekat antara kabin depan dan baris kedua. Meski demikian kesan mewah tidak luntur sebab permainan warna kabin yang sejuk.

Mayoritas pilihan warna kabin Alphard ialah abu-abu muda dan krem, dengan sedikit aksen warna metal.

Bangkunya model captain seat, bisa digeser, dan sebenarnya sudah cukup nyaman namun tidak selebar saudaranya yaitu Lexus LM yang punya desain mirip-mirip.

Baca juga: Intip Spesifikasi Neta U, Meluncur Setelah Neta V

MPV Listrik premium Maxus Mifa 9 meluncur di GIIAS 2023, harga Rp 1,4 miliar Kompas.com/Daafa Alhaqqy MPV Listrik premium Maxus Mifa 9 meluncur di GIIAS 2023, harga Rp 1,4 miliar

Jok Alphard pakai penyetelan elektrik yang memudahkan mendapat posisi duduk yang nyaman. Selain itu ada tombol heater dan ventilated, jadi bisa keluar udara dingin maupun panas dari bangku yang diduduki.

Adapun masuk ke bakin baris kedua Mifa 9 terasa aura elegan yang berbeda. Mayoritas warna kabinnya dibuat gelap, mulai dari jok dan door trim warna hitam, namun bagian plafon warna krem yang membuat sejuk.

Baca juga: Adu Spesifikasi Wuling Air EV dan Seres E1, Selisih Harga Beda Rp 54 Juta

Bicara kelapangan jok pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan Alphard. Namun patut diketahui dimensi Mifa 9 lebih besar dari Alphard, mobil yang rencananya akan dirakit lokal itu memiliki panjang 5.270 mm, lebar 2.000 mm dan tinggi 1.840 mm.

Kabin Toyota Alphard Kompas.com/Fathan Kabin Toyota Alphard

Kursi baris kedua model captain seat yang punya delapan mode pijat. Bentuknya bisa menopang bagian kepala dengan nyaman, dan punya arm rest panjang yang cukup lebar untuk menaruh lengan saat duduk di bangku penumpang.

Kenyamanan penumpang juga ditunjang fitur canggih seperti layar hiburan 12.3 inci yang bisa terkoneksi dengan ponsel, wireless charger, dan ambient light 64 warna dan sembilan colokan USD untuk isi daya gawai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com