Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Ganti Lampu LED, Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Kompas.com - 09/08/2023, 18:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih lampu LED kendaraan tak cukup sekadar mengandalkan cahaya yang terang, ada beberapa faktor penting lainnya yang juga wajib diperhatikan.

Contoh seperti beam cut off yang perlu sesuai dengan reflektor pada kendaraan. Tujuannya untuk mendapatkan pencaran cahaya yang aman dan nyaman.

Menurut Lily Hernawan, Direktur CV Sampurna Part Niaga yang merupakan pemegang merek lampu Autovision, idealnya lampu dengan teknologi LED terlihat terang pada awal. Tapi cahaya akan menurun seiring peningkatan suhu.

"Lampu dengan teknologi LED sangat sensitif dengan gejolak voltase. Untuk itu sangat diperlukan voltase yang stabil, seperti saat engine start mobil teknologi lawas, ataupun adanya penggunaan perangkat elektronik melebihi kapasitas baterai kendaraan," kata Lily dalam keterangan resminya, Rabu (9/8/2023).

Baca juga: Coating Headlamp Bisa Bikin Lampu Utama Bebas Kuning, mulai Rp 200.000

Karena itu, Lily menyarankan agar memilih produk LED yang baik dan mampu menyediakan penurunan kapasitas terang yang kecil atau lebih terkendali.

Pilihan lampu LED AutovisionAutovision Pilihan lampu LED Autovision

Selain itu, pastikan sistem pelepas panas pada lampu LED berfungsi dengan baik. Lily menyarankan tidak mengaplikasikan pendingin fan di bagian belakang untuk lampu kabut yang umumnya berada di bawah kendaraan.

"Alasannya, karena kondisi cuaca Indonesia didominasi curah hujan yang tinggi dan sistem drainase jalan raya yang masih kurang baik. Genangan air hujan berupa lumpur jadi masalah tersendiri bagi keawetan sistem pendingin lampu LED dengan fan," ucap Lily.

Seperti diketahui, selain menjajakan ragam produk lampu untuk pasar otomotif, Autovision juga kerap memberikan edukasi. Eksistensi merek ini terus berlanjut dengan menggelar roadshow ke kota besar di Indonesia setelah meresmikan logo baru pada Juli 2023.

Kali ini Autovision hadir di Mall Chandra Hayam Wuruk, Bandar Lampung hingga 20 Agustus 2023 dengan membawa teknologi projector Bi-LED dan tentunya menawarkan ragam promo menarik.

Baca juga: Mtrans Bakal Luncurkan Bus Baru Rakitan Tentrem di GIIAS 2023

Autovision Projector Bi-LED merupakan terobosan teknologi modern, di mana sistem pencahayaan LED tertanam di dalam projector. Lampu ini dilengkapi reflektor kecil yang dapat memantulkan cahaya lebih baik ke lensa sehingga hasil cahaya lebih fokus ke depan.

Lampu LED AutovisonAutovision Lampu LED Autovison

Selain itu, produk yang satu ini juga sudah dilengkapi teknologi fan mutakhir pada projector, yang diklaim mampu membuang panas lebih baik sehingga mika dan reflektor headlamp tidak kusam. Ada juga teknologi yang menghasilkan cahaya High dan Low guna meningkatkan visibilitas jarak pandang bagi pengemudi.

Tak hanya jajaran produk dan promo menarik, selama pemeran Autovision juga memberikan kemudahan bagi konsumen dengan menyediakan instalasi di lokasi dengan menggandeng workshop Sumber Jaya Variasi Bandar Lampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com