Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prototipe KTM RC 990 Tertangkap Kamera, Pakai Winglet Motor MotoGP

Kompas.com - 29/07/2023, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - KTM tertangkap kamera sedang mengetes super bike barunya yang diduga adalah RC 990. Secara tampilan, ada sedikit kemiripan dengan motor fairing KTM seperti RC 8 dan RC 16 yang dipakai balap MotoGP.

Dikutip dari Rideapart, kemungkinan besar ini adalah lini produk dengan mesin baru KTM yang juga nanti dipasang ke Duke 990. Mesinnya pakai basis LC8, sasis RC 990 dan Duke 990 ini juga diduga sama.

Kalau dibandingkan keduanya lewat foto mata-mata, ada kesamaan di bagian lengan ayun sampai posisi dan bentuk knalpot. Cuma tentu keduanya akan berbeda secara posisi berkendara.

Baca juga: Bos LCR Honda Jawab Rumor Pindah Merek ke KTM Musim Depan

Prototipe KTM RC 990 tertangkap kamera sedang dites jalanRIDEAPART Prototipe KTM RC 990 tertangkap kamera sedang dites jalan

Bukan itu saja, bagian fairing mengikuti model sportbike KTM lain, seperti RC 8 dan RC 16 yang dipakai Brad Binder dan Jack Miller. Bisa dilihat juga dari foto tersebut, pengendara duduk dalam posisi yang cukup agresif, alias menunduk dan kaki mundur ke belakang.

Soal performa, mesin 990 ini diduga akan punya tenaga yang besar, 140 Tk. Lalu fitur yang dipasang juga melimpah, seperti kaliper Brembo dan berbagai komponen premium lainnya, tapi masih dalam bentuk spekulasi.

Baca juga: Sepeda Listrik Berbeda dari Sepeda Gowes, Berbahaya Saat Dibawa Anak-anak


Kalau dilihat, lampunya agak unik, seperti cuma dipasang saja di bagian tengah-tengah fairing. Kemungkinan ini merupaka prototipe yang masih proses pengembangan, bisa saja nanti desainnya berubah total.

Bagi yang tidak sabar, motor ini kabarnya baru bakal meluncur di 2025. Cuma tentu nanti seiring waktu akan bermunculan prototipe lainnya mendekati waktu peluncuran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com