Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Financial Siapkan Kredit Kendaraan Listrik di GIIAS 2023

Kompas.com - 03/08/2023, 17:31 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Astra Financial kembali berupaya mendorong perkembangan industri otomotif di Indonesia dengan berpartisipasi  dalam GIIAS 2023.

Ada sembilan unit bisnis Astra Financial yang turut serta dalam GIIAS 2023 yakni layanan asuransi bersama Asuransi Astra dan Astra Life, Fintech (Maucash), Electronic Money (AstraPay), Wealth tech app (Moxa), serta layanan pembiayaan kendaraan roda dua oleh Fifgroup dan layanan pembelian mobil secara digital (SEVA).

Kemudian ada juga layanan pembiayaan kendaraan roda empat termasuk Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Electric Vehicle (EV) oleh Astra Credit Companies (ACC) & Toyota Astra Financial Services (TAF).

 Baca juga: Motor Listrik Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 Siap Meluncur, Ini Tampilannya

Co-Project Director Astra Financial GIIAS 2023 Yulian Warman mengatakan, saat ini dari Astra Financial telah menyiapkan hitungan untuk skema cicilan mobil listrik yang mana skemanya beda dengan mobil konvensional. 

"Kalau secara kredit itu kebanyakan mobil  yang pembiayaanya ditangani oleh Astra Financial adalah mobil dari Astra seperti Toyota, Daihatsu, Isuzu. Hitungan pembiayaan mobil listrik memang akan beda dengan mobil pada umumnya," kata Yulian Warman, Kamis (3/8/2023).

Pada acara yang sama Riadi Prasodjo, EVP Corporate Communication & Strategy Management Astra Credit Companies (ACC) mengatakan, untuk di GIIAS pihak ACC sudah menyiapkan pembiayaan mobil listrik.

"Untuk pembiayaan mobil listrik kita sudah terima. Hitung-hitungannya sudah ada. Kita sudah dukung. Kalau secara skema kita punya tipe berbeda-beda untuk tiap jenis kendaraannya.  Jadi kita sudah support untuk mobil listrik," kata Riadi kepada Kompas.com. 

Booth Astra Honda Motor (AHM) di Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2022.Foto: AHM Booth Astra Honda Motor (AHM) di Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2022.

Riadi menjelaskan bila saat ini pembiayaan untuk mobil listrik masih satu paket, yakni mobil dengan baterai. Sehingga belum ada pembiayaan untuk baterai kendaraan listrik saja. 

"Kalau misalnya di copot bateranya resikonya besar. Maka dari itu untuk pembiayaan yang hanya baterainya saja belum bisa. Saat ini masih satu paket dengan mobilnya," kata Riadi. 

Baca juga: Sudah Ada Korban Jiwa, Bahaya Kabel Menjuntai bagi Pengendara Motor

Nantinya, Astra Financial hadir dengan Main Booth yang berlokasi di Hall 7 serta 3 Satellite Booth yang tersebar di area GIIAS 2023 selama 10-20 Agustus 2023 dengan promo serta berbagai program menarik yang siap menghibur konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com