Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Detik-detik Ban Truk Meledak dan Merusak Mobil

Kompas.com - 02/08/2023, 06:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Baru-baru ini viral video detik-detik ban truk meledak dan membuat fender mobil yang sedang berada di sampingnya copot.

Video yang beredar di media sosial dan diunggah oleh akun Instagram @ memomedsos terlihat ban belakang truk meledak dan mengeluarkan asap atau kabut disertai suara menggelegar.

Sontak angin dari ban tersebut hanya mengenai mobil hitam di sampingnya. Hanya saja, tidak disebutkan kapan dan lokasi dari kejadian tersebut terjadi.

Baca juga: Masalah ODOL Bukan Hanya PR Kemenhub

Mohamad Apandi Service, Manager PT Armindo Perkasa atau diler Hino Ciawi, mengatakan, beruntung saat kejadian tidak ada pengendara motor di samping truk. Tekanan angin pada ban kendaraan besar seperti truk atau bus sangat besar sehingga bisa sangat berbahaya bila ada kendaraan di sampingnya.

Ban truk truk ada yang double atau single. Kalau pecahnya dua itu akan lebih besar pengaruhnya di mana akan jadi dua kali lipat dari embusan satu ban yang pecah. Sehingga sangat bahaya bila ada kendaraan lain di sampingnya, terutama pengendara motor,” kata pria yang akrab disapa Pepen tersebut kepada Kompas.com, Selasa (1/8/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MEMOMEDSOS (@memomedsos)

 

Teknisi Hino sedang memperbaiki ban trukKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Teknisi Hino sedang memperbaiki ban truk

Baca juga: Cara Melakukan Engine Flush Mesin Mobil

Demi keselamatan bersama sebagai pengguna jalan, Pepen menyarankan kendaraan dengan postur dan bobot yang lebih kecil jangan nekat untuk berkendara di samping truk.

Sebab, kejadian ban truk meledak tidak bisa diprediksi dan tiba-tiba. Bila hal tersebut terjadi, pengendara di samping truk rentan kaget dan mengganggu konsentrasi berkendara. Bahkan, pengendara motor juga bisa terdorong embusan angin dari ban truk yang meledak.

“Jadi sebaiknya jangan berkendara dekat truk. Memang secara aturan pemerintah tidak boleh berkendara dekat truk karena blind spot besar, jadi kendaraan lain rawan tidak kelihatan,” kata Pepen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com