Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan di Jalan Mayoritas Disebabkan Faktor Manusia

Kompas.com - 01/08/2023, 19:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A Purwantono menyatakan bahwa kecelakaan lalu lintas di jalan sepanjang Januari-Juni 2023 mayoritas dipicu oleh faktor manusia alias human error.

Sementara faktor jalan, hanya menyumbang sekitar 15 persen dari total kecelakaan di periode tersebut. Sehingga perlu adanya prilaku tertib berlalu lintas ketika berkendara apalagi pada jalur bebas hambatan.

Demikian hasil survey yang dilakukan PT Jasa Raharja dan disampaikan dalam acara Seminar dan Workshop "Mambangun Transportasi Barang yang Selamat, Tertib, dan Efisien" di Tangerang, Selasa (1/8/2023).

Baca juga: Perbandingan Harga BBM Pertamina, Shell, BP, dan Vivo per Agustus 2023

Ilustrasi kecelakaanHans/Pixabay Ilustrasi kecelakaan

"Sebanyak 84 persen kecelakaan lalu lintas karena human error. Sementara kelompok kendaraan yang terlibat kecelakaan didominasi oleh jenis non-truk (mobil), yakni 65 persen," kata Rivan.

Adapun sepanjang semester I/2023 ini volume kendaraan meningkat sampai 14 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sayangnya, kondisi terkait, berbanding lurus terhadap meningkatnya angka kecelakaan.

“Aspek berkeselamatan dalam berkendara menjadi sangat penting untuk ditingkatkan dan kami merasa ini masih rendah,” kata Rivan.

Oleh karena itu, ia berharap pengemudi perlu memprioritaskan aspek keselamatan di jalan, termasuk untuk pergerakan transportasi barang.

Menurut Rivan, mobilitas barang dan penumpang secara efisien sangat penting dan merupakan fondasi utama bagi kemajuan ekonomi dan pertumbuhan bisnis di Indonesia.

Baca juga: Etika yang Kerap Dilupa Ketika Mobil Mogok di Tengah Jalan

Ilustrasi kecelakaan. Kecelakaan di Tol Cipali Km 153, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Selasa (25/4/2023), menewaskan 3 orang.Shutterstock Ilustrasi kecelakaan. Kecelakaan di Tol Cipali Km 153, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Selasa (25/4/2023), menewaskan 3 orang.

Selain itu, aspek ketertiban juga perlu ditingkatkan untuk dapat menopang pergerakan barang dengan optimal. Hal ini akan berdampak pada efisiensi waktu yang didapat seiring dengan lancarnya mobilitas barang dan penumpang.

Dia menambahkan, Jasa Raharja juga turut terlibat langsung dalam upaya menekan angka kecelakaan. Hal ini dilakukan melalui program-program seperti edukasi dan sosialisasi terkait aspek keselamatan berlalu lintas.

“Melalui upaya-upaya tersebut, kami melihat angka kecelakaan mengalami penurunan sekitar 10,63 persen hingga Juni 2023,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com