Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Kap Mesin Mobil Tiba-tiba Terbuka Saat Berkendara di Tol

Kompas.com - 27/07/2023, 06:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kap mesin mobil sudah seharusnya tertutup rapat sebelum digunakan. Pasalnya, bila kap mesin tidak tertutup dengan sempurna bisa berpotensi mencelakai pengguna mobil.

Seperti dalam video yang diunggah oleh akun Tiktok bernama Karesidenan Solo. Pada rekaman tersebut, terlihat mobil yang sedang melaju di salah satu ruas jalan tol. Tiba-tiba kap mobil terbuka hingga menghalangi kaca depan dan pandangan pengemudi.

Ini tentu sangat berbahaya, sebab dalam kecepatan tinggi, kap mobil yang terbuka secara tiba-tiba bisa membuat kaca depan mobil pecah, hingga menyebabkan kecelakaan ketika dalam perjalanan.

Baca juga: Awas Penipuan, Link Palsu Astra Financial Jual Mobil Bekas Murah

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, kejadian seperti itu tentu membuat pengemudi panik dan sering salah dilakukan adalah tindakan tidak siap karena kurang membaca dengan benar situasi di depan dan tidak menjaga jarak.

“Sehingga jika dihadapkan kondisi tersebut seringnya langsung rem atau banting setir,” ucap Sony, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (26/7/2023).

Menyikapi kondisi tersebut, Sony melanjutkan, ada dua hal yang bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan yakni dengan tindakan preventif dan reaktif.

@karesidenan.solo #jalantol #mobil #truk #fyp #hatihatidijalan #hatihatipaksupir ? suara asli - iks_infokaresidenansolo

“Preventif, selalu mengecek setiap bagian dari kendaraan seperti kap mesin sebelum berjalan. Melewati jalan tol di atas 60 Km per jam (Kpj) itu anginnya kencang sehingga mampu membuka kap mesin kalau tidak terkunci dengan benar,” kata Sony.

Selain itu, pengemudi juga diimbau untuk selalu menjaga jarak dan kecepatan kendaraan selaras dengan lingkungannya. Seperti memindai area 10-25 meter di depan dan mengidentifikasi objek yang ada di 25-50 meter di depan.

“Untuk tindakan reaktifnya adalah angkat kaki dari pedal gas, sehingga kecepatan melambat. Luruskan setir selaras dengan arah jalan dan arahkan kendaraan ke sisi terdekat dengan bahu jalan untuk berhenti,” kata Sony.

Sementara itu, Foreman Nissan Bintaro Ibrohim menambahkan, kap mesin yang tidak tertutup dengan sempurna akan berpotensi terbuka ketika melaju pada kecepatan tertentu.

Lubang charging mode cepat di Esemka Bima EV berada di balik kap mesin depan.KOMPAS.com/Gilang Lubang charging mode cepat di Esemka Bima EV berada di balik kap mesin depan.

“Saat kecepatan tinggi, kendaraan akan menerima gaya dorong angin dari depan, sedangkan kap mesin harus ditutup dengan rapat agar aerodinamis kendaraan optimal,” kata Ibrohim.

Menurut Ibrohim, pada saat kap mesin tidak tertutup dengan sempurna akan terdapat celah di sisi depan antara kap mesin dengan bumper.

Baca juga: Mazda Klaim Produknya Bisa Minum Pertamax Green

“Celah itu akan membuat angin masuk dan mengangkat kap mesin yang tertutup tidak rapat. Itu bisa menyebabkan kaca pecah dan merusak bodi mobil,” ucap Ibrohim.

Jadi, penting sekali memastikan kap mesin tertutup dengan sempurna sebelum mobil digunakan untuk menghindari terjadinya kecelakaan di jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com