Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Sopir Travel Sebelum Perjalanan Jauh Antar Kota

Kompas.com - 30/07/2023, 10:21 WIB
Selma Aulia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Menjadi sopir angkutan travel memiliki tanggung jawab untuk berkendara dengan baik. Ini wajib dilakukan buat memastikan perjalanan berjalan dengan aman dan lancar.

Perjalanan antar kota antar provinsi memerlukan persiapan yang harus dilakukan sebelumnya. Persiapan ini bertujuan agar kondisi sopir tidak mudah lelah dan tetap prima dalam mengemudi.

Raihan, pemilik jasa sewa travel Agung Rejeki Trans yang juga merangkap jadi sopir travel mengatakan, ada beberapa persiapan yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jauh antar kota.

"Sebelum melakukan perjalanan jauh, kita perlu istirahat yang cukup terlebih dahulu," ucap Raihan kepada Kompas.com, Jumat (28/7/2023).

Baca juga: Tips Bikin Kamar Tidur Lebih Nyaman buat Istirahat

Ilustrasi tidur sesuai waktu ideal.SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi tidur sesuai waktu ideal.

"Misalnya perjalanan dilakukan pada malam hari, kita siangnya harus tidur dengan cukup terlebih dahulu," ucapnya.

Selain memerlukan tidur yang cukup, pastikan untuk tidak melakukan kegiatan yang menguras energi, alasannya karena membantu tubuh agar tidak mudah lelah.

"Hentikan kegiatan yang banyak menguras tenaga juga perlu dilakukan, agar saat mengemudi tidak mudah capek dan mengantuk," ucap Raihan.

Untuk mengatasi ngantuk dalam perjalanan, solusinya dengan mencari rest area terdekat untuk beristirahat guna mengilangkan rasa ngantuk.

Baca juga: 11 Penyebab Ngantuk Terus dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi mengemudi saat hujan, menggunakan Honda Brio RS faceliftKompas.com/Donny Ilustrasi mengemudi saat hujan, menggunakan Honda Brio RS facelift

Namun sejatinya rasa kantuk saat mengemudi bisa kapan saja datang, hal ini bisa menjadi faktor yang dapat mengganggu keamanan saat berkendara.

dr. Dien Kalbu Ady, dokter RS PKU Muhammadiyah Solo, Jawa Tengah, menjelaskan faktor penyebab rasa kantuk pada pengemudi.

"Siapa saja sangat dianjurkan untuk selalu mencermati kondisi tubuh sebelum berkendara atau mengemudi demi keselamatan bersama," ucap dr. Dien kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dengan mempersiapkan kondisi tubuh yang baik ini, sopir travel bisa memberikan perjalanan yang aman dan nyaman. Serta membuat perjalanan para penumpang menjadi aman dan menyenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com