Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Home Charger Toyota bZ4X Tak Berfungsi, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 28/07/2023, 11:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Saat konsumen membeli mobil listrik Toyota bZ4X maka akan mendapat dua tipe charger. Pertama yaitu home charger yang dan kedua yaitu wall charger berupa "casan" model tanam.

Home charger merupakan casan kecil portabel yang diibaratkan seperti charger laptop dengan daya 2.000 watt. Sedangkan kapasitas daya wall charger memiliki daya sebesar 10.000 watt.

Baca juga: Mencari Penyebab Tersendatnya Insentif Motor Listrik

Baterai mobil listrik Toyota bZ4XDok. Toyota Baterai mobil listrik Toyota bZ4X

Antonius Irwan, Manager Servis Auto2000, diler resmi Toyota, mengatakan, ada kasus yang terjadi pada pemilik bZ4X ialah home charger eror saat mau dipakai mengecas sehingga tidak bisa mengisi daya baterai mobil.

"Beberapa customer kita ada yang tanya bahwa home charging tak bisa digunakan," kata Antonius yang ditemui di acara Auto2000 di BSD, Tangerang, Kamis (27/7/2023).

"Ternyata home charging itu, kita tahu kan kalau nyolok ke cas HP ada dua soket yang panjang, tapi sebetulnya itu ada tiga loh kalau tahu. Ada kabel ketiga namanya kabel ground," ungkap dia.

Baca juga: Auto2000 Pimpin Penjualan Diler Toyota

Pemasangan wall charger mobil listrik Toyota bZ4X tidak bisa sembarangan. Auto2000 akan bekerjasama dengan PLN sebagai penyedia listrik untuk kesiapan insfrastruktur.KOMPAS.com/Gilang Pemasangan wall charger mobil listrik Toyota bZ4X tidak bisa sembarangan. Auto2000 akan bekerjasama dengan PLN sebagai penyedia listrik untuk kesiapan insfrastruktur.

"Ada beberapa customer kita yang coba pakai di rumahnya, kok tidak bisa, eror. Ternyata waktu saya telusuri kabel ground-nya tidak ada di soketnya mereka," ujar Antonius.

Antonius mengatakan, setelah diteliti rupanya mayoritas home charging bZ4X tidak berfungsi saat pemilik tarik kabel menggunakan kabel roll.

"Terutama banyak customer yang pakai kabel extender (kabel roll). Jadi di rumah sudah ada kabel ground-nya kemudian dia perpanjang waktu diperpanjang itu extender-nya itu tidak pas. Ada grounding yang mengakibatkan eror," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com