Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Satu Arah Mau Diterapkan Lagi di Jalan Nusantara Depok

Kompas.com - 27/07/2023, 15:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berencana menerapkan kembali Sistem Satu Arah (SSA) di Jalan Nusantara, Kota Depok, Jawa Barat.

Seperti diketahui, SSA di Jalan Nusantara pertama kali diterapkan sekitar tahun 2017. Setelah itu, penerapannya sempat dianulir beberapa kali. Paling terakhir disebabkan karena pembangunan Underpass di Jalan Dewi Sartika, Depok.

Plt Kasat Lantas Polres Metro Depok Kompol Sugianto, mengatakan, pihaknya bakal melakukan uji coba kembali penerapan SSA di Jalan Nusantara.

Baca juga: Mitsubishi Pastikan Xpander Hybrid Meluncur Tahun Depan

Penampakan underpass Dewi Sartika, Pancoran Mas, Depok, yang sudah rampung.KOMPAS.com/M Chaerul Halim Penampakan underpass Dewi Sartika, Pancoran Mas, Depok, yang sudah rampung.

Sebagai awalan, Satlantas Polres Metro Depok bakal melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat sekitar, termasuk RT/RW, Kelurahan, dan sekolah di sekitar Jalan Nusantara.

“Kami Satlantas Metro Depok dan instansi terkait sedang mamaksimalkan koordinasi tentang kesiapan penerapan kembali SSA,” ucap Sugianto, kepada Kompas.com, Kamis (27/7/2023).

“Kemudian nanti pada tanggal 5 sampai 11 Agustus 2023 akan dilakukan uji coba SSA di Jalan Nusantara,” kata dia.

Baca juga: Keunggulan Motor Listrik Hasil Konversi Dibandingkan Pabrikan

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah berencana menerapkan kembali Sistem Satu Arah di Jalan Nusantara dengan melakukan pengajuan ke Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sejak Maret 2023.

Hal ini dilakukan berdasarkan hasil evaluasi kinerja jalan setelah beroperasinya Underpass Dewi Sartika.

"Saat ini rencana tersebut masih dalam tahap pengajuan ke BPTJ Kemenhub, karena Jalan Nusantara merupakan Jalan Nasional," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok Eko Herwiyanto, dalam keterangan tertulis (13/3/2023).

Baca juga: Perpanjangan SIM Digugat ke MK, Ini Penjelasan Polri

Spanduk Operasi Zebra di persimpangan Jalan Margonda-Jalan Arif Rahman Hakim, Depok, Jawa Barat pada Senin (15/11/2021).KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Spanduk Operasi Zebra di persimpangan Jalan Margonda-Jalan Arif Rahman Hakim, Depok, Jawa Barat pada Senin (15/11/2021).

Eko menjelaskan, hasil evaluasi kinerja lalu lintas setelah beroperasinya Underpass Dewi Sartika untuk Jalan Margonda Segmen I, Jalan Arif Rahman Hakim dan Jalan Dewi Sartika menunjukkan kinerja baik.

Sedangkan, Jalan Nusantara yang saat ini diberlakukan dua arah menunjukkan kinerja yang buruk.

"Jika dibandingkan dengan waktu diberlakukannya SSA, Jalan Nusantara menunjukan kinerja yang buruk, sehingga perlu diberlakukan kembali SSA di jalan tersebut," ucap Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com