Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Desain Eksterior Bodi Laksana SR2 Suites Class PO Sahaalah

Kompas.com - 17/07/2023, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Sahaalah Berkah Safar atau dikenal dengan Sahaalah menjadi salah satu perusahaan otobus yang baru beroperasi sejak 2021.

Sebelumnya, PO Sahaalah merupakan bagian dari PO New Shantika, terutama untuk melayani pariwisata. Tapi dua tahun terakhir, keduanya pisah manajemen dan PO Sahaalah mengisi trayek Jepara-Jakarta dan sebaliknya.

Kali ini, redaksi dapat kesempatan mencoba PO Sahaalah untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta. Kelas layanan yang redaksi pilih adalah Suite Class dengan banderol Rp 350.000 dan ternyata dapat unit buatan Laksana, tepatnya bodi SR2 Suites Class.

Baca juga: Lihat Bus Triple Decker, Dek Paling Bawah Ala Limousine


Bodi ini bisa terbilang baru, bahkan redaksi sempat mengulasnya saat pertama kali keluar karoseri, April 2021. Secara tampilan luar, bodi Legacy SR2 Suites Class memang bisa dibilang elegan.

Pada unit kali ini, PO Sahalaah memilih kelir merah muda yang dikombinasikan dengan abu-abu. Mengingat PO Sahaalah biasanya punya kombinasi warna dan livery yang berbeda-beda setiap unitnya.

Soal bodi, Legacy SR2 Suites Class yang dipakai sepertinya sudah facelift terakhir. Misal rumah foglamp yang ada ornamen silver, ditambah pada bagian samping sudah pakai selendang S Series, atau disebut bumerang.

Baca juga: Rumus Hitungan Ganti Oli Gardan dengan Oli Mesin

Bus AKAP PO SahaalahKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus AKAP PO Sahaalah

 

Pada saat rilis, semua rodanya memakai dop dengan warna chrome. Tapi pada unit yang redaksi naiki, dop tadi tinggal terpasang di roda belakang saja, di depan dilepas.

Secara keseluruhan, Legacy SR2 Suites Class merupakan salah satu bodi yang cocok saat menggunakan model double glass. Desain kaca depan yang atas dibuat sedikit melandai, secara desain bisa dibilang sangat proporsional.

Tapi dibalik bodi yang elegan, pada bagian belakang bisa dibilang modelnya cukup agresif. Misal dari bentuk lampunya yang segitiga, cukup tajam kalau dilihat dari belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com