Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ojol Tabrak Pengendara Motor di Lampu Merah, Efek Terlalu Ngebut

Kompas.com - 14/07/2023, 09:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekati area lampu lalu lintas, pengendara dianjurkan untuk menurunkan kecepatan dan mengerem untuk menghindari berhenti mendadak.

Satu perilaku keliru saat menjumpai lampu lalu lintas nampak pada video viral tiktok unggahan akun @gyro.3nr. Nampak seorang driver ojek online (ojol) tidak menurunkan kecepatan saat lampu merah, dan menabrak pengendara motor yang berhenti.

Melalui video yang nampaknya direkam menggunakan dashcam mobil itu, terlihat jelas driver ojol meninggikan kecepatan, padahal posisi lampu sedang merah.

“Kejadian hari ini, padahal dari jauh saya sudah nyalakan hazard tanda traffic light sudah merah dan harus berhenti,” ucap si pengunggaah video, dikutip Kompas.com, Kamis (13/7/2023).

Baca juga: Pabrikan Motor Retro Custom Asal Inggris Hadir di Indonesia

@sigra2an

 

? suara asli - Gyro.3nr

Tidak berhenti di sana, pasca-kejadian, si driver ojol juga nampak bersiap kabur dari lokasi. Namun aksinya dihentikan oleh pengendara lain yang menahan dan langsung mematikan motor.

“kren ms yg pke bju hitam pke topi. langsung sigap ngamankan motor pelaku sambil diangkat motornya,” tulis akun @jokowa_tmg.

Menyikapi video tersebut, Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC), ada implikasi driver ojol hilang fokus.

Pertimbangan itu diambil karena jarak menuju titik lampu merah masih cukup jauh dan luas, serta pengendaara yang berhenti jumlahnya masih sedikit.

Baca juga: Penjelasan PLN Mengapa Biaya Kepemilikan Kendaraan Listrik Lebih Murah

Penampakan lampu merah yang terpasang di Simpang Kampung Utan, Tangerang Selatan, Minggu (25/6/2023). KOMPAS.com/Dzaky Nurcahyo Penampakan lampu merah yang terpasang di Simpang Kampung Utan, Tangerang Selatan, Minggu (25/6/2023).

“Sepertinya enggak mungkin kalau rem blong, karena harusnya maasih bisa menghindar. Yang di video itu posisinya meluncur lurus ke arah pengendara di depan,” ucap Marcell.

Dia menambahkan, ada dugaan jika driver online hendak menerabas lampu merah, karena tidak ada niatan untuk menurunkan kecepatan motor.

Mungkin si abang (ojol) berniart untuk trabas lampu lalin, jadi kaget, tidak memperhitungkan dan akhirnya gak nutut untuk ngerem atau menghindar,” kata dia.

Marcell kembali menegaskan, penggendara harus selalu menurunkan kecepatan saat menjumpai lampu merah daana menghindari rem dadakan.

“karena semakin cepat kita bergerak maka jarak henti akan semakin panjang dan waktu reaksi akan semakin pendek,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com