Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Julukan Baru buat Marquez Setelah Catat Rekor Jatuh Terbanyak

Kompas.com - 04/07/2023, 14:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP 2023 baru berjalan delapan seri, tapi sudah banyak pebalap yang cedera serius. Tak terkecuali Marc Marquez yang paling banyak terjatuh, hingga warganet memberinya julukan baru, "Marc Marcrash".

Dikutip dari Speedweek.com, Selasa (4/7/2023), tercatat sudah ada 416 kali pebalap terjatuh di semua kelas. Untuk kelas MotoGP saja, tercatat ada 166 kali.

Baca juga: KTM Menolak Marquez untuk 2024, tapi Bukan Pintu pada 2025

Marquez bersaudara dan Joan Mir tercatat menjadi tiga besar pebalap yang paling banyak terjatuh sejauh ini. Marc Marquez 14 kali, Alex Marquez 12 kali, dan Joan Mir 12 kali.

Crash Marc Marquez dan Miguel Oliveria di tikungan ketigatwitter.com/motogp Crash Marc Marquez dan Miguel Oliveria di tikungan ketiga

Dengan jumlah 166 kali pebalap terjatuh, pada delapan seri ini maka angka rata-ratanya adalah 20,75 per seri. Augusto Fernandez di urutan keempat dengan 11 kali terjatuh.

Sementara posisi kelima, ada Jack Miller dengan 10 kali terjatuh. Pebalap lainnya di kelas MotoGP tercatat di bawah sepuluh kali.

Baca juga: Rusuk Marquez Ternyata Sudah Retak Sebelum MotoGP Belanda 2023

Sedangkan pada kelas Moto2, ada 124 kali pebalap terjatuh. Pada kelas Moto3 jumlahnya lebih sedikit lagi, yakni 126 kali pebalap terjatuh.

Pebalap andalan Repsol Honda, Marc Marquez, divonis menderita retak di jari tangan kirinya setelah mengalami kecelakaan high side pada sesi Warm Up MotoGP Jerman 2023 pada Minggu (18/6/2023) sore WIB.TANGKAPAN LAYAR Pebalap andalan Repsol Honda, Marc Marquez, divonis menderita retak di jari tangan kirinya setelah mengalami kecelakaan high side pada sesi Warm Up MotoGP Jerman 2023 pada Minggu (18/6/2023) sore WIB.

Musim ini baru berjalan delapan seri dan masih tersisa 12 seri lagi. Tapi, Marquez sudah menjadi pebalap MotoGP dengan jumlah terjatuh paling banyak. Pada media sosial, tak sedikit warganet pecinta MotoGP yang menjulukinya "Marc Marcrash".

Pebalap MotoGP dengan jumlah terjatuh paling sedikit adalah Francesco Bagnaia, terlepas dari Pol Espargaro yang absen sejak seri pertama hingga sekarang. Juara dunia MotoGP 2022 ini baru empat kali terjatuh.

Joan Mir telah mengalami 8 kali crash pada 4 seri pembuka MotoGP 2023todocircuito.com Joan Mir telah mengalami 8 kali crash pada 4 seri pembuka MotoGP 2023

Berikut daftar pebalap yang terjatuh pada paruh pertama MotoGP 2023:
Marc Marquez, Honda, 14
Joan Mir, Honda, 12
Alex Marquez, Ducati, 12
Augusto Fernandez, KTM, 11
Jack Miller, KTM, 10
Aleix Espargaro, Aprilia, 9
Miguel Oliveira, Aprilia, 8
Marco Bezzecchi, Ducati, 7
Fabio Di Giannantonio , Ducati, 7
Luca Marini, Ducati, 7
Jorge Martin, Ducati, 7
Brad Binder, KTM, 6
Raul Fernandez, Aprilia, 6
Johann Zarco, Ducati, 6
Enea Bastianini, Ducati, 5
Franco Morbidelli, Yamaha, 5
Takaaki Nakagami, Honda 5
Alex Rins, Honda, 5
Maverick Viñales, Aprilia, 5
Francesco Bagnaia, Ducati, 4
Pol Espargaro, KTM, 2

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com