Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT TKDN Berkunjung ke China untuk Adaptasi Kemajuan Transportasi

Kompas.com - 07/07/2023, 16:50 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk atau PT TKDN baru saja mengunjungi Hisense Network Technology Co., Ltd. dan Zhenqing Bus Group di Qingdao, China. 

Tidak hanya itu, tim  PT TKDN juga mengunjungi daerah Yangcheng untuk membandingkan dan mempelajari alat-alat IoT yang terpasang di bus station serta bus listrik panjang 4 kabin buatan SRRC.

Baca juga: Minat Beli Mobil Bekas, Jangan Abaikan soal Garansinya

Pada kunjungan pertama di Qingdao, tim PT TKDN  mengamati teknologi LED ultra high definitions, interactive screen serta perangkat-perangkat telematika IoT milik Hisense,

Selain itu tim PT TKDN mempelajari mengenai teknologi Hisense City "Cloud Brain" yang dapat menyediakan pengelolaan kota dengan platform terbuka yang mencakup seluruh kota.

PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk atau PT TKDN (Kode Saham TRON) mengunjungi Hisense Network Technology Co., Ltd. dan Zhenqing Bus Group di Qingdao, China.PT TKDN PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk atau PT TKDN (Kode Saham TRON) mengunjungi Hisense Network Technology Co., Ltd. dan Zhenqing Bus Group di Qingdao, China.

“Spesialisasi Hisense dalam solusi integratif industri Intelligent Transportation dan Smart City, teknologi inti, layanan dan R&D produk sudah terbukti di beberapa kota di China. Kami melihat dari used case ini seharusnya mampu kita uji dan localize untuk diterapkan di Indonesia,” kata Presiden Direktur PT TKDN, David Santoso pada keterangan resmi, Jumat (7/7/2023). 

Pada kunjungan selanjutnya, tim PT TKDN bertemu sejumlah pihak dari Zhenqing Bus. Pihak Zhenqing Bus menunjukkan bagaimana mereka mengatur dan mengawasi operasional smart bus di Command Center yang kemudian dilanjutkan mengunjungi kantor cabang ke lima Zhenqing Bus.

Baca juga: Minat Beli Mobil Bekas, Jangan Abaikan soal Garansinya

Tidak hanya untuk berdiskusi tentang teknologi serta used case yang dimiliki Hisense dan Zhenqing Bus, kunjungan ini sekaligus untuk membuka kerja sama dengan kedua perusahaan.

Mengingat solusi dan produk intelligent transport system dari Hisense serta mode manajemen dan sistem smart bus dari Zhenqing Bus merupakan salah satu yang terkemuka di industri transportasi, hal ini tentu dapat meningkatkan layanan solusi milik PT TKDN.

“Kunjungan ini tentunya dapat memberikan insight dan peningkatan layanan bagi PT TKDN dalam penerapan dan pembangunan smart bus di Indonesia terutama saat telah terjalin kolaborasi dengan Hisense dan Zhenqing Bus," kata David.

Sekedar informasi PT TKDN memiliki solusi perangkat TAMFleet, yaitu perangkat IoT dengan teknologi AI untuk memantau perilaku dan identifikasi pengemudi, penginderaan jalan dengan tingkat akurasi hingga 95 persen.

Tidak hanya itu, terknologi itu juga dapat melakukan proses pemantauan secara real-time untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas serta sistem platform IT untuk solusi manajemen transportasi, dengan fokus pada keselamatan dan pemantauan Armada.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com