Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Brio Asal Putar Balik, Nyaris Tertabrak Transjakarta

Kompas.com - 04/07/2023, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat akan putar balik, pengemudi mobil harus memperhatikan kondisi kendaraan yang melintas di sekitar, baik dari arah belakang dan sebaliknya. Pasalnya, kecelakaan riskan terjadi, terutama jika mobil atau motor yang menyeberang tertabrak kendaraan yang melaju kencang di jalur utama.

Seperti contoh video yang diunggah oleh akun Tiktok bernama @ridho271, Senin (3/7/2023). Dalam rekaman itu, memperlihatkan mobil Honda Brio berwarna hitam yang nyaris tertabrak bus Transjakarta lantaran sembarang melakukan putar balik.

Jika diamati, pengemudi mobil Honda Brio dalam video tersebut memotong jalur Transjakarta secara mendadak untuk melakukan putar balik. Padahal jarak Transjakarta dengan kendaraannya cukup dekat.

Baca juga: Dorna Belum Ingin Tambah Jumlah Pebalap di Grid MotoGP

Beruntung, sopir Transjakarta begitu sigap untuk langsung menghindari, sebab jika tidak tentu saja bisa terjadi kecelakaan fatal.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, manuver putar balik adalah hal yang bisa membahayakan. Etika untuk putar balik ini harus diperhatikan semua pengendara.

@ridho271_ semoga kamu punya tiktok ya brio hitam, mangkanya setiap orang mengemudi wajib punya sim biar paham rambu2! #briobiru #transjakartabusway #bmp_70 #bmp220271 #drivermuda #satlantaspolresjakartabarat #satlantasjakartabarat #satlantasjaksel ? suara asli - 220271 shop - ridho220271shop

“Ketika lalu lintasnya lengang, nyalakan lampu sein 50 meter sebelum tempat putar balik dan mulai berpindah lajur ke sebelah kanan. Kalau ramai, ancang-ancangnya jadi 100 meter, supaya tidak memaksakan diri,” ujar Sony.

Kemudian ketika putar balik, harus dilihat kondisi lalu lintas dari arah berlawanan, apakah dikasih ruang atau tidak. Kalau tidak, lebih baik tunggu, jangan dipaksa. Lalu, ketika dikasih ruang, jangan main selonong ke lajur paling kiri.

“Ketika putar balik jangan langsung potong kiri, nyalakan sein kiri, perlahan-lahan pindah lajur ke kiri,” ucap Sony.

Baca juga: Catatan Volume Lalu Lintas di Tol Trans-Jawa Saat Libur Idul Adha

Hal yang harus diperhatikan saat melakukan putar balik yaitu anggap sedang mengambil lajur orang lain, sehingga harus dilakukan dengan santun dan beretika. Saat berhenti menunggu lalu lintas kosong, kendaraan ada di antara arus yang berbeda dan di sebelah kanan sehingga rawan bahaya.

“Terakhir yaitu hindari gugup atau ragu-ragu yang membuat lalu lintas tertahan,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com