Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambah Produksi, Saige Bakal Dirikan Pabrik Motor Listrik di Surabaya

Kompas.com - 25/06/2023, 10:01 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengantisipasi banyaknya pesanan motor listrik baru dari para konsumen, merek sepeda motor listrik asal China, Saige, berencana mendirikan pabrik baru di Surabaya, Jawa Timur.

Rencananya, pabrik tersebut mulai dibangun pada akhir tahun 2023 dan dicanangkan selesai di awal tahun 2024.

Sejauh ini, Saige sudah memiliki satu pabrik perakitan utama yang diresmikan pada awal tahun 2023 dan berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

Tony Tang, Marketing Director Saige, menjelaskan, proyeksi penjualan Saige diprediksi cukup baik. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pendirian pabrik kedua dianggap perlu.

Baca juga: Rangkaian Perawatan Mobil yang Jarang Dipakai

Saige, Perusahaan motor listrik asal China yang mejeng di Jakarta Fair 2023KOMPAS.com/daafa Saige, Perusahaan motor listrik asal China yang mejeng di Jakarta Fair 2023

“Kami memang pemain baru di pasar motor listrik Indonesia, tapi kami optimis dengan angka penjualan. Jadi kami berencana mendirikan pabrik satu lagi, ini juga bentuk keseriusan kami untuk memasarkan produk di Indonesia,” ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (23/6/2023).

Dia mengatakan, dua pabrik Saige akan memiliki fokus produksi yang berbeda, di mana pabrik Karawang akan difokuskan untuk model umum, sedangkan pabrik Surabaya untuk model premium.

“Nantinya akan ada tujuh model (motor listrik), semuanya sudah kami siapkan. Tapi untuk sementara ini, kami baru mulai memasarkan satu model dulu,” kata Tony.

Sejauh ini, proses produksi motor listrik Saige masih dengan cara completely knock down (CKD), dengan komponen-komponen didatangkan dari China.

“Jika dua pabrik sudah berdiri, tentu sangat mungkin kami mulai produksi beberapa komponen lokal, ini juga untuk memenuhi standar komponen (TKDN) dari pemerintah Indonesia,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com